Rabu, 24 September 2014

BKPM optimistis investasi dari Amerika Latin meningkat

Senin, 9 Juli 2012 14:34 WIB | 5.324 Views
BKPM optimistis investasi dari Amerika Latin meningkat
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal M. Chatib Basri (ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), M Chatib Basri, optimistis investasi negara-negara Amerika Latin di ASEAN termasuk Indonesia akan meningkat melalui berbagai upaya kerja sama ekonomi.

"Nilai investasi di ASEAN masih rendah," kata Kepala B Chatib Basri disela Forum Bisnis ASEAN-Amerika Latin 2012 di Jakarta, Senin.

Hingga saat ini total nilai investasi Amerika Latin dan Karibia di kawasan ASEAN masih kurang dari lima juta dolar AS.

Chatib mengatakan, salah satu hambatan kerja sama adalah jarak kawasan ASEAN dan Amerika Latin yang jauh.

"Misal kita ekspor daging tapi di negara tujuan standar kesehatannya tidak memenuhi syarat, akibatnya barang ditolak, kalau jauh kan mahal biayanya," ujar Chatib.

Pemerintah mengharapkan Forum Bisnis ASEAN - Amerika Latin merupakan awal peningkatan kerja sama untuk diikuti langkah berikutnya seperti kerjasama karantina.

Eksportir atau importir tidak perlu khawatir adanya penolakan karena tidak terpenuhinya syarat standarisasi di negara tujuan.

Chatib mengatakan Brazil memiliki ketertarikan yang besar terhadap peternakan di Indonesia seperti peternakan sapi. Ia tidak menyangkal adanya kendala yang harus diatasi kedua belah pihak untuk mengembangkan peternakan.

Forum Bisnis ASEAN - Amerika Latin 2012 yang bertema Menuju Masa Depan Berkelanjutan berlangsung 9 dan 10 Juli 2012 di Jakarta. Acara tersebut dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

(SDP-46)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga