Jakarta (ANTARA News) - Para pemilik komputer Apple bersistem operasi OS X Mountain Lion yang rindu akan suara 'berisik' mesin ketik kini dapat mengenang suara khas mesin ciptaan Christopher Latham Sholes itu dengan Noisy Typer.

"Noisy Typer merupakan piranti lunak gratis yang memainkan suara mesin ketik saat Anda mengetik (di komputer Apple)," tulis Theo Watson, pencipta Noisy Typer dari The Free Art and Technology (F.A.T) Lab AS dalam situs resmi organisasi publik itu.

Watson menyebut piranti lunak ciptaannya itu dapat menyesuaikan beragam aplikasi OS X yang melibatkan kegiatan mengetik seperti program penyunting kata, program catatan, layar kerja, ataupun surat elektronik karena bekerja di belakang layar sistem operasi.

"Suara yang diciptakan meliputi: tombol-tombol huruf, spacebar, backspace, penggulung atas dan bawah," tulis Watson yang mempersilakan pengguna OS X mengunduh piranti lunaknya di situs FAT.

Watson menambahkan piranti lunak versi 0071 itu merupakan piranti lunak sumber terbuka (open source) yang dikerjakan dengan openFrameworks.

 (I026)