Selasa, 2 September 2014

Mentan : kembalikan peran Bulog

Selasa, 17 Juli 2012 12:16 WIB | 3.009 Views
Mentan : kembalikan peran Bulog
Ilustrasi. Sejumlah pembeli mengunjungi salah satu toko beras yang ada di kawasan Pasar Rawasari, Jakarta. (FOTO ANTARA/Dian Dwi Saputra)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono menyatakan peran Perum Bulog perlu dikembalikan seperti semula sebagai pengendali bahan-bahan pangan kebutuhan pokok di masyarakat.

Hal itu dikatakan Mentan di Jakarta, Selasa, terkait terjadinya kenaikan harga-harga kebutuhan pokok yang dikeluhkan masyarakat belakangan ini, terutama menjelang bulan Ramadhan.

"Kalau (Bulog) diperankan lagi tak akan ada gejolak harga," katanya di sela Konferensi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) yang digelar pada 16-18 Juli 2012.

Menurut Suswono, jika penguasaan bahan pangan kebutuhan pokok diserahkan pada pedagang, terlebih lagi kartel maka mereka dapat mengendalikan harga di pasaran, maka hal itu sangat berbahaya.

Mengutip pernyataan Badan Pusat Statistik (BPS), dia menyatakan, produksi pangan saat ini dalam kondisi mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, menurut pengakuan para pedagang pasokan bahan-bahan pangan tersebut juga cukup di pasar.

"Namun demikian mengapa harga-harga di pasaran mengalami kenaikan," katanya mempertanyakan.

Oleh karena itu, Mentan menegaskan, peran Bulog sebagai stabilisator harga sangat diperlukan tak hanya pada komoditas beras namun juga seluruh bahan kebutuhan pokok lainnya.

Untuk mengembalikan peran Bulog sebagai pengendali kebutuhan bahan pokok seperti dahulu, lanjutnya, diperlukan dukungan anggaran maupun dukungan politik.

(S025)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga