Jakarta (ANTARA News) - Timnas U-22 yang baru saja turun di kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E direncanakan akan mewakili Indonesia pada turnamen Java Cup 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 26--29 Juli.

Koordinator Timnas Bob Hippy di Jakarta, Kamis mengatakan, meski akan menurunkan Timnas U-22, ada kemungkinan penambahan pemain dari Timnas U-23 yang membela Indonesia pada SEA Games 2011 maupun senior.

"Malaysia saja menurunkan U-23. Maka, kami menggunakan pemain U-22 yang akan ditambah dengan pemain timnas lainnya. Istilahnya Timnas U-22 plus," katanya.

Menurut dia, untuk turun di Java Cup 2012, PSSI telah menetapkan Aji Santoso sebagai pelatih. Dengan demikian, tidak ada perubahan.

Sebelumnya, mantan Pelatih Persebaya Surabaya itu memimpin Timnas U-22 saat turun dikualifikasi Piala Asia U-22 di Pekanbaru.

Rencananya Timnas U-22 ini akan ditambah beberapa pemain yang sebelumnya memperkuat Timnas U-23. Ada beberapa nama yang sudah tidak asing lagi, seperti Abdulrahman dan pemain naturalisasi Diegos Michiels.

"Bisa saja mereka turun. Ini kan Timnas U-22 plus. Yang jelas semuanya tergantung dengan kebutuhan," kata pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI itu.

Bob mengaku pemain yang akan turun di turnamen ini adalah pemain terbaik di Indonesia saat ini. Bahkan, dirinya tidak membeda-bedakan dari kompetisi mana asal pemain itu.

Rencana menurunkan Timnas U-22 pada Java Cup 2012 sebenarnya telah didengungkan sejak kualifikasi Piala Asia U-22 di Pekanbaru pekan lalu. Aji Santoso selaku pelatih berharap beberapa pemain potensial ditambah jam terbangkan dengan turun diturnamen intenasional.

Hanya saja, Aji belum memberikan siapa saja nama-nama pemain yang diharapkan bisa turun saat menghadapi Timnas Malaysia, klub Galatasaray Turki dan Everton Inggris.

Namun, jika dilihat dari kemampuan pemain beberapa nama bisa diandalkan untuk memperkuat timnas, di antaranya Aji Saka (kiper), Nurmufid Fastabiqul Khoirot, Rasyid, Hendra Adi Bayauw, dan Andik Vermansyah.

Informasi yang berkembang saat ini, guna menghadapi Java Cup 2012 PSSI membuka diri bagi semua pemain terbaik Indonesia untuk terlibat baik dari Kompetisi Indonesia Premier League (IPL) maupun Indonesia Super League (ISL).
(B016/D007)