Rabu, 22 Oktober 2014

Pangeran William ingin perbanyak ruang hijau

| 3.357 Views
id pangeran william, ruang terbuka hijau, ratu elizabeth ii, olimpiade
Pangeran William ingin perbanyak ruang hijau
Pangeran William (REUTERS/Toby Melville)
Bermain bersama saudara atau teman meningkatkan kepercayaan diri dan kerjasama, itu membuat anak-anak jadi sehat"
Jakarta (ANTARA News) - Pangeran William mengkhawatirkan bahaya anak-anak yang terkurung dalam rumah sepanjang hari, bukannya beraktivitas di luar rumah.

The Telegraph melaporkan Duke of Cambridge mengemukakan, langkanya ruang hijau memperkecil kesempatan anak untuk bermain.

William mengatakan bila hal ini terus berlanjut maka kesempatan anak untuk menjalani masa kecil dengan bermain di luar akan terenggut.

Dia berharap akhir tahun ini bisa mempersembahkan 2.012 ruang hijau yang khusussebagai kado ulang tahun hari peringatan 60 tahun berkuasanya sang Ratu.

"Anak-anak senang berlari dan bermain, kebanyakan orang setuju bahwa membiarkan anak-anak terkurung di dalam rumah sepanjang hari berakibat buruk bagi mereka.

Jika kita serius untuk mengubahnya, kita harus serius menjaga lapangan dan taman tempat anak-anak bisa bermain. Jika lapangan dan taman terus menghilang, banyak masyarakat yang tidak punya tempat bagi anak-anaknya untuk bermain," kata William.

Sang pangeran yang mencintai olahraga itu mengatakan, salah satu kenangan paling bahagia saat ia masih kecil adalah "masa saat saya bermain di luar rumah,".

"Bermain bersama saudara atau teman meningkatkan kepercayaan diri dan kerjasama, itu membuat anak-anak jadi sehat dan tentu menyenangkan bagi mereka," katanya.

Suami Kate Middleton itu melanjutkan, "Saat ini kita mendukung para atlet di Olimpiade, kita harus ingat banyak dari mereka yang memulai karir di ruang hijau milik publik."

Penelitian dua tahun lalu menyimpulkan ada 6.000 lapangan bermain yang hilang di Inggris pada periode 1992-2009.  Jumlah lapangan bermain yang tersisa di negara itu tinggal 20.000.

Dari situ juga ditemukan, sembilan dari sepuluh orang percaya bahwa tidak ada lagi ruang hijau tersisa untuk olahraga dan rekreasi di luar rumah.

(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga