Kamis, 23 Oktober 2014

Kiriman uang TKI asal NTB rp27,4 miliar Juni 2012

| 2.684 Views
id kiriman uang, tki ntb, malaysia dan arab saudi, western union, pt pos indonesia
Kiriman uang TKI asal NTB rp27,4 miliar Juni 2012
PT Pos Indonesia (ANTARA News)
....Kiriman uang terbesar berasal dari TKI yang bekerja di Malaysia, disusul Arab Saudi."
Mataram (ANTARA News) - Kantor Pos Indonesia wilayah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat total kiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal daerah itu periode Juni 2012 mencapai Rp27,4 miliar.

Kepala Kantor Pos Mataram Jaka Sunara, di Mataram, Senin, mengatakan para pahlawan devisa itu mengirimkan uang hasil kerja kerasnya di luar negeri melalui Western Union yang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

"Total kiriman uang dari TKI periode Juni 2012 lebih besar dibandingkan periode yang sama pada 2011 sekitar Rp25 miliar. Kiriman uang terbesar berasal dari TKI yang bekerja di Malaysia, disusul Arab Saudi," katanya.

Ia menyebutkan, uang yang dikirim para TKI dari luar negeri melalui Western Union sejak memasuki bulan puasa Ramadhan 1433 Hijriah meningkat hingga 30 persen, namun pihaknya belum melakukan penghitungan secara keseluruhan total uang yang dikirim hingga hari ketiga bulan puasa.

Western Union adalah jasa pengiriman uang dari dan ke berbagai negara di dunia.

Jasa itu menggunakan teknologi elektronik yang secara "online" dan "real time" menjangkau ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia.

Jaka mengatakan, pelayanan pengambilan uang yang dikirim dari luar negeri melalui Western Union bisa dilakukan di Kantor Pos Mataram dan tiga kantor pos cabang yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Tengah.

Masyarakat yang memperoleh kiriman bisa mencairkan dana tunai dengan mudah dan biaya pengiriman yang terjangkau, tidak perlu memiliki rekening atau domisili di suatu tempat, dan tidak ada jumlah minimal uang yang dikirim.

"Western Union juga bekerja sama dengan PT Pegadaian, namun transaksi pencairan dana tunai, diperkirakan lebih banyak melalui Kantor Pos Indonesia. Pada Juni 2012 saja, transaksi pencairan mencapai 8.484 kali," ujarnya.

Menurut Jaka, kiriman uang dari TKI yang bekerja di luar negeri selama bulan puasa Ramadan hingga menjelang lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah akan terus meningkat untuk memenuhi keperluan keluarganya di kampung halaman selama menjalankan ibadah puasa dan untuk merayakan lebaran.

Berbeda dengan di luar bulan puasa Ramadan, kiriman uang dari TKI rata-rata mencapai Rp25 miliar per bulan atau sekitar Rp1 miliar per hari.

"Total kiriman uang dari TKI pada 2012 diperkirakan lebih besar dibandingkan pada 2011 sekitar Rp25 miliar. Ini belum termasuk yang dikirim melalu Kantor Pos Indonesia wilayah Kabupaten Lombok Timur," ujarnya. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga