Sabtu, 1 November 2014

Monti: Italia tidak butuh KTT krisis Uni Eropa baru

| 2.881 Views
id ktt krisis uni eropa, mario monti, vladimir putin
Monti: Italia tidak butuh KTT krisis Uni Eropa baru
PM Italia Mario Monti (FOTO ANTARA/REUTERS/Philippe Wojazer)
Kita harus menggunakan kebijakan yang lebih kuat untuk mengatasi semua kesulitan."
Moskow (ANTARA News) - Perdana Menteri Italia Mario Monti, Senin mengatakan, ia tidak melihat alasan untuk menggelar konferensi tingkat tinggi darurat Uni Eropa tentang krisis zona euro, meskipun ada gelombang baru kekhawatiran pasar tentang kemampuan Spanyol mengantasi utangnya.

"Saya tidak berpikir itu akan sesuai untuk pertemuan puncak darurat atau pertemuan tingkat tinggi Eropa," Monti mengatakan seperti dikutip kantor berita Interfax, setelah pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di resor Laut Hitam, Sochi, lapor AFP.

Monti mengatakan bahwa kemampuan para pemimpin Eropa menyetujui dana talangan 500 miliar euro (605 miliar dolar AS) untuk rekapitalisasi bank-bank yang sakit secara langsung selama pertemuan pada 28-29 Juni akan cukup untuk menangani krisis yang berlangsung ini.

Ia berbicara hanya beberapa saat setelah Italia menghentikan "short-selling" saham keuangan selama seminggu, sementara Spanyol melarang semua perdagangan tersebut selama tiga bulan dalam merespon terhadap penurunan tajam pasar Eropa selama dua hari perdagangan terakhir.

Sebagian besar kekhawatiran terbaru telah berfokus pada Spanyol dan kemungkinan kebutuhan untuk secara resmi beralih ke pemberi pinjaman internasional untuk bantuan.

Monti mengatakan, ia malah menyokong penggunaan mekanisme keuangan yang ada untuk memaksa pemerintah-pemerintah Uni Eropa untuk mengikuti kebijakan fiskal yang ketat, yang bisa membantu mengatasi krisis utang negara dan anggaran mereka.

"Kita harus menggunakan kebijakan yang lebih kuat untuk mengatasi semua kesulitan," Monti mengatakan seperti dikutip Interfax. (A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga