Kamis, 23 Oktober 2014

Basket putri Prancis menang dramatis

| 3.649 Views
id tim basket putri prancis, australia, bola basket olimpiade london
Basket putri Prancis menang dramatis
Pebasket putri Prancis Sandrine Gruda dan rekannya Emmeline Ndongue setelah mencetak skor saat melawan Australia pada basket putri Olimpiade London 2012 di Basketball Arena, Senin waktu setempat. (london2012)
London (ANTARA News) - Atlet basket Emile Gomis mencetak 22 poin saat Prancis mengalahkan Australia 74-70 di perpanjangan waktu pada Senin, menggagalkan perjalanan Opals merebut medali emas setelah tiga kali berturut-turut hanya puas dengan medali perak pada ajang Olimpiade.

Kapten Prancis Celine Dumerc menyumbang 13 angka sementara Sandrine Gruda dan Edwige Lawson-Wade masing-masing menambah 11 poin dan Isabelle Yacoubou memberi kontribusi 10 poin dan tujuh rebound.

"Itu adalah kemenangan yang sangat, sangat besar karena kami melawan tim kuat seperti Australia," kata Dumerc.

"Pada awal turnamen ini bukanlah target kami tapi kami bermain dengan segenap tenaga untuk meraih kemenangan."

Itu adalah kemenangan pertama dari Prancis atas Australia selama tujuh kali berlaga di Olimpiade atau kejuaraan dunia.

"Melawan Australia sungguh menguras tenaga. Tim Australia punya tenaga sekuat monster," kata Yacoubou. "Kami harus mengorbankan pertahanan kami."

Bintang NBA putri Lauren Jackson hanya menyumbang 13 angka dan 6 rebound sebelum foul out dan keluar dari pertandingan. Liz Cambage dari Australia juga hanya mencetak 12 poin sebelum keluar lapangan.

"Itu adalah permainan yang bagus tapi untuk kami sedikit memalukan," kata Jackson.

"Prancis bermain hebat,".

Suzy Batkovic memimpin Opals dengan 17 poin dan 10 rebound.

"Sulit rasanya bermain saat dua pemain terbaikmu keluar lapangan," kata Batkovic.

"Sangat kecewa. Kami tidak bermain dengan kemampuan maksimal tapi ini adalah turnamen yang panjang dan kami harus tetap berjalan dengan kepala tegak."

"Yang membuat kami frustasi adalah kami sebenarnya bisa bermain lebih baik."

Rusia bergabung dengan Prancis di jejeran atas grup B dengan kemenangan 69-59 atas Brazil dan Kanada menggilas Inggris 73-65 di permainan grup B lainnya.

Tim putri Amerika Serikat, juara bertahan empat kali, sekali lagi memperpanjang prestasinya dengan mengalahkan Angola 90-38.

Tim Amerika berbagi posisi pemenang di grup A bersama China, pemenang 83-58 atas Kroasia, dan Turki yang mengalahkan Republik Ceska 61-57.

Tim Australia, runner-up dari Amerika Serikat di tiga Olimpiade terakhir, memimpin dengan poin tertinggi 10-2 pada awal pertandingan tetapi Prancis melawan kembali dengan 28-27 pada pertengahan babak.

"Kami bermain buruk dan hanya punya selisih satu angka, jadi kami meyakinkan satu sama lain bahwa kami bisa mengalahkan mereka," kata Dumerc.

Prancis tetap memimpin dengan 52-40 sebelum Australia mencetak 12 poin terakhir.

Tetapi Prancis berhasil memimpin kedudukan di perpanjangan waktu.

"Kami mencoba tetap fokus," kata Yacoubou. "Kami meyakinkan satu sama lain, 'Jangan bermain dengan perasaan bahwa kita telah kalah'," katanya kepada AFP.

(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga