Rabu, 3 September 2014

"Fifty Shades..." ungguli Harry Potter di amazon.co.uk

Kamis, 2 Agustus 2012 22:40 WIB | 4.981 Views
Laman klub pembaca Harry Potter. Tujuh serial novel Harry Potter karya JK Rowling adalah masa lalu karena masa kini milik EL James dengan novel erotisnya, Fifty Shades of Grey, yang terjual 4 juta buku di seluruh dunia sejak akhir 2011. (hpread.scholastic.com)
London (ANTARA News) - Sihir JK Rowling terhadap para pembaca di Inggris tampaknya mulai pudar seiring dengan kesuksesan novel erotis, Fifty Shades of Grey, Rabu, melampaui jumlah penjualan tujuh seri novel Harry Potter di amazon.co.uk.

Kesuksesan itu membuat pengarang Fifty Shades of Grey, EL James, menjadi penulis paling laris di laman itu.

Novel yang secara luas dijuluki "buku porno untuk kaum ibu" dan terjual lebih dari 4 juta buku itu di peringkat teratas buku terlaris dunia. Jutaan novel itu telah terjual, baik untuk edisi cetak dan di Kindle pada situs amazon.co.uk sejak Maret 2012.

Novel dewasa itu juga memecahkan rekor di Inggris pada Juni saat menjadi buku bersampul tipis yang paling cepat mencapai penjualan 1 juta buku. Fifty Shades of Grey hanya perlu waktu 11 pekan untuk terjual 1 juta buku.

Hak pembuatan film dari trilogi itu telah dibeli Universal dan Focus Features, menurut laporan media AS pada Maret lalu. Kisah dalam Fifty Shades of Grey akan berlanjut dalam Fifty Shades Darker and Fifty Shades Freed yang akan melengkapi novel trilogi itu. 

Novel itu juga jadi buku terbanyak yang berhasil dijual amazon.co.uk sepanjang masa, mengalahkan jumlah penjualan pemegang rekor sebelumnya, Harry Potter and Deathly Hallows, dengan perbandingan lebih dari dua buku banding satu.

"Jika JK Rowling fenomena sastra dasawarsa lalu maka EL James sudah pasti mengambil gelar itu pada dasawarsa ini," kata Gordon Willoughby, Direktur Kindle Uni Eropa, dalam pernyataan dilansir Reuters.

"Hanya dalam empat bulan, EL James telah menjadi penulis terlaris sepanjang masa di amazon.co.uk. Itu sungguh luar biasa mengingat kami telah menjual buku selama hampir 14 tahun," katanya.

"Fifty Shades of Grey" adalah buku pertama James. Novel itu berkisah tentang hubungan sadomasochist antara pengusaha kaya Christian Grey dan mahasiswi sastra yang naif Anastasia Steele.

(G003/H-AK) 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga