Kamis, 31 Juli 2014

TKI Bali masih minim informasi

Jumat, 3 Agustus 2012 15:09 WIB | 2.637 Views
TKI Bali masih minim informasi
Ilustrasi kartu TKI (FOTO ANTARA/Irsan Mulyadi)
Denpasar (ANTARA News) - Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar Wayan Pageh antusias masyarakat Bali bekerja sebagai TKI formal ke luar negeri.

"Selain itu Bali juga menjadi `pintu gerbang' penempatan TKI formal sehingga semakin membuka peluang masyarakat Pulau Dewata bekerja ke luar negeri," kata Pageh di Denpasar, Jumat.

Namun sayangnya, kata dia, para calon TKI ini masih minim mendapat informasi awal di dinas tenaga kerja tempat mereka berasal.

Ia mengatakan, informasi awal harus diberikan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten dan Kota di Bali.

Sementara informasi pembekalan akhir pemberangkatan diberikan BP3TKI Denpasar.

Pageh lebih lanjut mengatakan, para calon BP3TKI Denpasar tidak mengetahui mekanisme yang benar karena minimnya informasi yang diperoleh.

Dengan minimnya informasi yang diperoleh para TKI ini kerap tidak mengetahui apa hak dan kewajiban mereka serta apa risiko bekerja di luar negeri. Dan mereka juga tidak tahu kemana harus mencari perlindungan ketika ada masalah.

"Karena minimnya informasi, bahkan para TKI tersebut banyak tidak mengerti tentang perjanjian kerja yang ditandatangani. Kasus seperti itu banyak terjadi pada TKI yang menjadi petugas terapi spa," ujar mantan Kepala Biro Kepegawaian Departeman Tenaga Kerja itu.
(*)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga