Senin, 28 Juli 2014

Udang karang jawara dalam bertahan hidup

Senin, 6 Agustus 2012 16:08 WIB | 2.106 Views
Jakarta (ANTARA News) - Udang karang merupakan salah satu spesies hewan yang mampu bertahan hidup dengan mencari sumber makanan di tanah selain di air, demikian hasil penelitian sejumlah ilmuwan dari Queen Mary, University of London.

Dalam laporan penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLoS ONE itu, para ilmuwan menganalisa perilaku udang karang merah rawa di Danau Naivasha Kenya.

"Udang-udang karang ini merupakan spesies yang luar biasa untuk bertahan hidup. Penelitian kami menunjukkan mereka dapat makan dari tanaman darat sebagaimana tanaman air," kata Pemimpin penelitian udang karang, Jonathan Grey.

Grey mengatakan hasil penelitian tim yang dipimpinnya berkontribusi bagi peneliti yang ingin mengenalkan spesies itu di luar area.

Tim peneliti itu meneliti pola makan udang karang dengan teknik yang disebut analisis isotop stabil.

Mereka menggunakan sinyal kimia alamiah dari makanan yang ada dalam jaringan tubuh udang untuk mendeteksi apa yang dimakan spesies udang karang.

Dari teknik itu, peneliti menemukan sebagian kawanan udang karang telah meninggalkan danau utama dan bertahan dengan menggali di lubang bekas jejak kaki kuda nil yang berair.

Udang-udang karang itu keluar dari lubang berair dan mencari makan berupa tanaman darat pada malam hari.

"Penelitian ini menunjukkan betapa udang karang merah merupakan spesies penyerbu yang luar biasa," kata Grey.

Udang karang merah rawa telah diperkenalkan ke sejumlah lokasi di Afrika Timur sejak 1960 untuk meningkatkan perikanan dan mengontrol populasi siput yang membawa parasit.

"Meskipun mereka berkontribusi untuk melawan spesies lain yang berbahaya bagi ekosistem, udang karang juga berbahaya bagi populasi ikan dan keseimbangan jaringan makanan," kata Grey.

Dia menyebut udang karang memakan tanaman, telur ikan, larva lalat, siput, dan lintah.

(I026)



Penerjemah: PR Wire

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca