Kamis, 21 Agustus 2014

Mesir bebaskan 581 tahanan, hadiah Idul Fitri

Minggu, 19 Agustus 2012 23:33 WIB | 3.521 Views
Mesir bebaskan 581 tahanan, hadiah Idul Fitri
Mohamed Moursi, saat memasukkan kerta suaranya dalam pemilu perdana Mesir pascakejatuhan bekas presiden Hosni Mubarak. (REUTERS/Ahmed Jadallah)
Kairo (ANTARA News) - Presiden Mesir, Mohamed Moursi, memberi pengampunan terhadap 581 tahanan, sebagian di antaranya tahanan politik, bertalian dengan perayaan Idul Fitri 1433 Hijriyah.

Menteri Dalam Negeri Mesir, Ahmed Gamal El Din, Jumat, mengatakan, para tahanan itu dibebaskan atas Keputusan Presiden yang memberi pengampunan setelah mereka dinilai memenuhi persyaratan untuk bebas.

Disebutkan, pembebasan itu diputuskan atas rekomendasi dari tim penyelidikan yang dibentuk dua pekan lalu untuk menentukan tahanan yang layak dibebaskan terkait Idul Fitri. Ini keputusan kedua dalam kurun satu bulan terakhir menyusul keputusan pertama untuk pembebasan 572 tahanan pada awal Ramadhan 1433 Hijriyah.

Di sisi lain, para tahanan yang masih menjalani masa tahanannya diberi izin khusus untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di rumah masing-masing. Aparat keamanan dikerahkan untuk mengamankan perayaan 1 Syawal yang jatuh pada Minggu (19/8).

El Din yang membawahi lembaga kepolisian mengatakan, pihaknya mengerahkan pengamanan terhadap tempat-tempat ibadah saat shalat Ied, dan juga kawasan rekreasi publik seperti kebun binatang dan taman wisata yang biasa dipadati penduduk di hari lebaran.

Keamanan di senatero Mesir pada umumnya masih belum sepenuhnya pulih pasca revolusi di tengah reformasi yang digalakkan Presiden Moursi.

Sejak dilantik sebagai presiden pada 30 Juni lalu, Presiden Moursi mengambil langkah strategis dengan perombakan pimpinan militer, intelijen dan kepolisian.

(M043/H-AK)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga