Jumat, 31 Oktober 2014

Ragunan diserbu ribuan pengunjung

| 4.917 Views
id kebun binatang ragunan, ragunan saat lebaran
Ragunan diserbu ribuan pengunjung
MENUJU RAGUNAN. Ribuan orang dengan mengendarai kendaraan bermotor dan berjalan kali antre saat menuju Taman Margasatwa Ragunan di Jalan Harsono RM, Jakarta (FOTO ANTARA/Widodo S) Jusuf)
Tahun lalu jumlah pengunjung 33.000 di hari pertama, hari kedua 100.000, ditargetkan jumlah itu meningkat tahun ini
Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pengunjung Kebun Binatang Ragunan hingga pukul 9.45 sebanyak 30.000 orang, kata Kepala Humas Kebun Binatang Ragunan, Wahyudi Bambang.

"Jumlah itu diperkirakan akan meningkat siang dan sore nanti," kata Bambang Wahyudi di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan hari pertama lebaran yaitu berjumlah 29.000 orang.

Menurutnya, data jumlah itu berdasarkan pantauan petugas di pintu-pintu masuk Kebun Binatang Ragunan, seperti pintu masuk, Utara, Selatan, Timur, dan Barat.

Menurutnya, ditargetkan jumlah pengunjung tempat wisata itu di hari kedua lebaran bisa mencapai 100.000 lebih. Dia mengatakan, jumlah pengunjung di hari kedua lebaran tahun lalu mencapai 100.000 ribu lebih.

"Tahun lalu jumlah pengunjung 33.000 di hari pertama, hari kedua 100.000, ditargetkan jumlah itu meningkat tahun ini," kata Bambang.

Dia mengatakan, pihak Kebun Ragunan sudah menyiagakan personil tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Menurutnya tambahan personil itu kerjasama dengan pihak Polda Metro Jaya, Polsek, Polres, Marinir dan Satuan Polisi Pamong Pradja.

"Totalnya 300 personil, termasuk 50 orang dari kebun binatang," ujarnya.

Menurutnya, untuk liburan lebaran tahun ini lonjakan pengunjung akan merata ditiap harinya. Hal ini karena adanya cuti lebaran dan liburan sekolah.

"Tahun lalu fluktuatif Senin-Kamis stabil, Jumat turun dan Sabtu-Minggu jumlahnya naik," katanya.

Menurutnya, jumlah pengunjung tahun lalu berkisar 600.000-700.000 orang. Namun untuk tahun ini tidak ditagetkan jumlahnya, karena jumlah hari libur berbeda dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu kan 10 hari, sekarang 8 hari. Namun minimal jumlahnya sama dengan tahun lalu," katanya.

Bambang mengatakan Kebun Binatang Ragunan memperpanjang jam buka kunjungan lebih lama dibandingkan hari biasa saat liburan lebaran ini, yaitu mulai pukul 07.00-17.00 WIB. "Kalau hari biasa dari pukul 7.30-16.00 WIB," katanya.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga