Minggu, 31 Agustus 2014

Pengendara motor di Palembang mulai pakai masker

Sabtu, 8 September 2012 12:37 WIB | 3.611 Views
Palembang (ANTARA News) - Pengendara sepeda motor di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), tampak mulai banyak yang menggunakan masker ketika berada di jalan raya karena kabut asap yang menyelimuti udara Bumi Sriwijaya itu dalam beberapa hari terakhir bertambah pekat.

Beberapa pengendara sepeda motor menggunakan masker menutup mulut dan hidungnya untuk menyaring udara yang dirasakan kurang baik dan mengganggu kesehatan. Demikian pantauan ANTARA News di sejumlah ruas jalan protokol di Palembang, Sabtu.

Pengguna sepeda motor baik pengendara maupun yang dibonceng, selain menggunakan masker yang banyak dijual di pasaran, ada juga yang hanya menggunakan sapu tangan sebagai penutup mulut dan hidung mereka.

Salah seorang pengendara sepeda motor Fahmi mengatakan, kualitas udara di Kota Palembang beberapa hari terakhir terasa kurang baik karena kabut asap yang menyelimuti udara di kota ini semakin pekat.

"Kabut asap mulai mengganggu pernapasan terutama saat berada di luar rumah dan mengendarai sepeda motor di jalan raya pada pagi dan sore hari. Jika tidak menggunakan masker atau alat penyaring udara napas terasa sesak," ujar dia.

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang melihat kabut asap semakin pekat beberapa hari ini menurunkan petugas ke lapangan untuk melakukan pengecekan kualitas udara di Bumi Sriwijaya itu.

Berdasarkan pengecekan itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan BLH Palembang, Novrian Fadillah, menjelaskan kualitas udara di kota pempek ini di atas standar baku mutu dan mengimbau warga agar sebaiknya menggunakan masker ketika keluar rumah.

Kondisi Particulate Matter (PM10) dalam bentuk asap, debu dan uap di Kota Palembang sekarang ini jumlahnya sudah di atas standar baku mutu lingkungan yang idealnya PM10 sebesar 150 mikrogram per meter kubik, kata dia menambahkan.

(Y009)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga