Jumat, 19 September 2014

Ratusan calon haji Banda Aceh ikuti manasik

Kamis, 13 September 2012 01:20 WIB | 2.223 Views
Ratusan calon haji Banda Aceh ikuti manasik
Jamaah Calon Haji mengikuti menasik di Mesjid Lamgugup, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (12/9). Menasik tersebut untuk memantapkan persiapan JCH Aceh sebelum diberangkatkan ke Mekkah pada 20 September 2012. (FOTO ANTARA/Ampelsa)
Banda Aceh (ANTARA News) - Ratusan calon haji asal Kota Banda Aceh mengikuti manasik yang dipusatkan di Masjid Baitul Musyahadah, Seutui, Rabu.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Kantor Urusan Agama Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh Marzuki mengatakan, manasik itu dilakukan untuk sinkronisasi tata cara berhaji yang sebelumnya telah dipelajari para calon haji.

"Tujuan manasik ini, selain menyamakan tata cara berhaji yang sebelumnya telah mereka pelajari, memberikan informasi bagaimana mereka nantinya selama berada di Tanah Suci," kata dia.

Marzuki mengatakan, manasik di Masjid Baitul Musyahadah, Seutui, Kota Banda Aceh, diikuti calon haji 350 calon haji. Mereka berasal dari lima kecamatan di Kota Banda Aceh.

Dalam manasik tersebut, jamaah calon haji dipandu bagaimana caranya menunaikan rukun haji ketika nantinya mereka sudah berada di tanah suci, Makkah.

Selain itu, jamaah calon haji juga diajari mengenakan ikhram, pakaian yang nantinya dikenakan selama menunaikan ibadah haji, tawaf atau cara bersuci hingga tata krama masyarakat Arab Saudi.

"Selain di Masjid Baitul Musyahadah, manasik juga digelar di Masjid Syuhada, Lamgugop, Banda Aceh. Di masjid itu diikuti 300 calon haji dari empat kecamatan lainnya," kata dia.

Marzuki menambahkan, puncak manasik bagi calon haji asal Kota Banda Aceh digelar Kamis (13/9) yang dipusatkan di Masjid Baitul Musyahadah, Seutui.

"Di Masjid Baitul Musyahadah, manasik akan diikuti seluruh jamaah calon haji asal Kota Banda Aceh yang berasal dari sembilan kecamatan," kata Marzuki.

Jamaah calon haji asal Kota Banda Aceh tergabung dalam kloter satu, empat, delapan, dan Kloter 12. Jamaah calon haji kloter satu akan masuk Embarkasi Banda Aceh pada 20 September 2012 dan berangkat ke tanah suci pada 21 September 2012.

(KR-HSA/A035)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga