Sabtu, 25 Oktober 2014

Amerika kirim marinir ke Sudan

| 3.805 Views
id Innocent of Islam, film anti-Islam, amerika serikat, pengamanan kedutaan
Amerika kirim marinir ke Sudan
Pengunjuk rasa memanjat pagar Kedutaan Besar Amerika Serikat di Sanaa, Yaman, Kamis (13/9). Ratusan pengunjuk rasa Yaman menyerbu Kedutaan Besar AS di Sanaa sebagai aksi protes terhadap film yang menurut mereka menodai agama Islam, sementara petugas keamanan berusaha mengusir mereka dengan melepas tembakan ke udara. Kedutaan Besar Yaman di Washington mengatakan tidak ada korban akibat aksi protes tersebut. (REUTERS/Mohamed al-Sayaghi)
Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat mengirim satu pleton marinir ke Sudan guna meningkatkan keamanan di Kedutaan Besar AS di Khartoum, demikian kata seorang pejabat Amerika yang tak ingin disebutkan jatidirinya, Jumat (14/9).

Pentagon, yang menanggapi gelombang protes anti-Amerika yang melanda Timur Tengah, telah melakukan tindakan serupa di Libya dan Yaman, sementara kemarahan akibat film yang menghina Nabi Muhammad berkobar di wilayah tersebut, kata Reuters--yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Bentrokan di dekat Kedutaan Besar AS di Kairo tengah antara polisi dan orang Mesir yang marah terhadap film yang menghujat Nabi Muhammad SAW memasuki hari keempat pada Sabtu pagi, sehingga satu orang tewas dan puluhan orang lagi cedera.

Bentrokan pindah ke satu jalan utama di tepi Sungai Nil, setelah pemerintah menutup jalan menuju ke Kedutaan Besar AS. Pemrotes, banyak di antara mereka bermaksud menerobos ke dalam kompleks kedutaan, sekarang mencari jalur lain ke kompleks tersebut.

Sementara itu tujuh orang tewas saat polisi berusaha mematahkan serangan setelah Shalat Jumat di Tunisia dan Sudan, dan kerusuhan juga terjadi di Yaman serta negara Muslim lain di dunia.

(C003)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga