Senin, 1 September 2014

Empat calon haji Embarkasi Surakarta batal berangkat

Jumat, 5 Oktober 2012 19:38 WIB | 3.459 Views
Empat calon haji Embarkasi Surakarta batal berangkat
Ilustrasi. Calon haji. (Foto Antara)
Boyolali (ANTARA News) - Jumlah calon haji Embarkasi Adi Soemarmo Surakarta yang batal ke Tanah Suci hingga pemberangkatan gelombang dua pada Jumat bertambah satu orang sehingga menjadi empat orang.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta H Imam Haromain Ashari melalui Kepala Sub Bagian Pusat Pengumpulan dan Pengolahan Data Badrussalam di Solo, Jumat, mengatakan bahwa anggota jemaah yang batal berangkat ke Tanah Suci bertambah satu yakni Sukasno (65), kloter 16 berasal dari Banyumas, karena sakit gangguan jantung.

Sukasno dirawat di Rumah Sakit Moewardi Solo sejak 14 September hingga 4 Oktober 2012. Berdasarkan pemeriksaan dokter, dia tidak diizinkan terbang ke Tanah Suci.

"Jemaah itu sudah di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis (4/10), menunggu dijemput oleh keluarganya," kata Badrussalam.

Sebelumnya, tiga calhaj yang batal berangkat ke Tanah Suci adalah Nurhayati, kloter 7 berasal dari Surakarta, Evia Hutvita, kloter 34 berasal dari Yogyakarta karena hamil.

Seorang lainnya pendamping berasal dari Yogyakarta yakni Mustafiq.

Ia menjelaskan, empat anggota jamaah yang batal tersebut dapat diberangkatkan pada penyelenggaran tahun depan jika ongkos haji mereka tidak diambil.

Ia menjelaskan, hingga gelombang kedua di Embarkasi Adi Soemarmo ini, sebanyak 48 kloter diberangkatkan ke Tanah Suci dengan jumlah total anggota jamaah 17.933 calhaj.

"PPIH Embarkasi Adi Soemramo, pada Jumat ini memberangkatkan sebanyak tiga kloter yakni 46 asal Demak dan Semarang, 47 (Kabupaten Semarang), dan 48 (Kabupaten Semarang-Temanggung)," katanya.

Rombongan calhaj kloter 46 diberangkatkan ke Tanah Suci pukul 06.53 WIB dengan membawa 372 calhaj, kloter 47 pukul 10.55 WIB dengan 374 calhaj, dan 48 pukul 13.22 WIB sebanyak 371 calhaj.

Rombongan yang memasuki Asrama Haji Donohudan, Jumat, atau gelombang kedua pemberangkatan, yakni kloter 49 (Temanggung), 50 (Temanggung-Purworejo), dan 51 (Purworejo).

Ia mengatakan, saat tiba calhaj tiga kloter tersebut, ada empat anggota jamaah yang dirujuk ke rumah sakit, yakni Partinah Mursid (67), Siti Halimah (66), Rochmadi Abdul Mui (66), dan Sulasni (76). Mereka tergabung di kloter 50.

Berdasarkan data yang diterima melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohad) di Embarkasi Surakarta, jumlah anggota jamaah yang meninggal dunia di Tanah Suci, bertambah satu orang yakni Toto Amad Rejo (64) berasal dari Dukuh Nandan RT 01 RW 06, Karangwuni, Sukoharjo, sehingga jumlah total menjadi lima orang.

Ia menjelaskan, Toto Amad Rejo wafat di Madinah, Selasa (2/10), akibat gangguan sistem pernafasan. Jenazahnya dimakamkan di Kota Baqi Madinah, Arab Saudi.

(B018/M029)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga