Jumat, 22 Agustus 2014

Gol Messi menangkan Argentina atas Uruguay

Sabtu, 13 Oktober 2012 14:43 WIB | 4.049 Views
Gol Messi menangkan Argentina atas Uruguay
Pemain Argentina Lionel Messi (REUTERS/Marcos Brindicci)
Montevideo (ANTARA News) - Pemain bintang Barcelona Lionel Messi mencetak dua gol saat Argentina mengalahkan Uruguay 3-0 pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Selatan, Jumat, untuk memuluskan jalan mereka menuju putaran final ajang bergengsi itu di Brazil.

Kemenangan tersebut membuat juara dunia tahun 1978 dan 1986 tersebut menduduki tempat teratas klasemen Grup Amerika Selatan sembilan-negara sementara juara dari zona itu, Uruguay, tetap beradi di posisi keempat dan tempat akhir kualifikasi secara otomatis.

Messi mencetak gol kesebelas dan keduabelas dari pertandingan kualifikasi itu di Mendoza, namun kapten timnas Argentina itu harus menunggu hingga pertengah berlangsung separuh jalan di babak kedua untuk membuka kunci pertahanan Uruguay yang rapat.

Dia membuka skor bagi timnya itu di menit ke-66 ketika dia meneruskan satu umpan matang dari Angel Di Maria dan kemudian gol keduanya yang merupakan gol ketiga Argentina pada pertandingan itu, melesak pada sisa waktu delapan menit menjelang pertandingan berakhir.

Di antara dua gol Messi itu, pemain Manchester City Sergio Aguero juga menyarangkan bola ke gawang Uruguay yang sekali lagi terjadi karena umpan dari Di Maria yang tak kenal lelah.

Argentina mengira mereka telah mencetak gol keempat di menit kritis tetapi gol yang dilesaakn pemain pengganti Hernan Barcos ditolak karena posisinya "offside."

Kemenangan tersebut membuat Argentina meraih 17 poin dari delapan pertandingan, unggul satu poin dari Kolombia dan Ecuador yang keduanya juga menang pada Jumat.

"Jika kamu mempersembahkan segalanya, hasilnya akan lebih mudah," ujar Messi.

Kolombia, yang dilatih oleh pemain kawakan Argentine Jose Pekerman, mengumpulkan 16 poin dengan kemenangan kandang 2-0 atas Paraguay di Barranquilla yang kedua golnya itu dicetak oleh penyerang Atletico Madrid Radamel Falcao.

Dia membuka skor setelah pertandingan berlangsung 52 menit dan mengakhirinya dengan penampilan yang mengesankan setelah menyarangkan gol keduanya pada sisa waktu dua menit.

"Tidak diragukan lagi Paraguay adalah tim yang kuat, kami tahu itu sulit, dan pada akhirnya kami bisa mencetak gol-gol yang memberi kami kemenangan itu," ujar Falcao.

"Tetapi jalan masih panjang menuju putaran final Piala Dunia," tambahnya.

Colombia hingga kini sudah menang dalam tiga pertandingan kualifikasi mereka -- dengan mengalahkan Uruguay 4-0 dan Chile 3-1 sebelum kemenangan mereka pada Jumat itu.

Kekalahan kelima Paraguay secara beruntun membuat mereka harus menempati posisi terbawah klasemen Amerika Selatan tersebut.

Sementara itu, Ekuador juga tetap berada pada jalur mereka ke putaran final Piala Dunia 2014 dengan menang 3-1 atas Chile yang mengakhiri pertandngan Jumat itu hanya dengan sembilan pemain di Quito.

Chile, yang belum pernah menang di ibukota Ekuador itu, unggul terlebih dahulu saat Juan Carlos Paredes melakukan gol bunuh diri di memit ke-25.

Pertandingan Chile Jumat malam itu diperburuk dengan hukuman kartu merah terhadap Pablo Contreras dan Arturo Vidal.

In La Paz, pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Bolivia dan Peru berakhir imbang 1-1.

Sebanyak empat tim teratas di zona Amerika Selatan ini akan lolos kualifkasi dan otomatis ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil, bersama dengan tim tempat kelima yang harus menjalani pertandingan play-off melawan tim terbaik kelima dari zona Asia.

(A016)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga