Kamis, 30 Oktober 2014

Pemkot Kediri gelar Festival Jalan Doho 2012

| 2.638 Views
id festival jalan dohor, festival kota kediri, festival kuliner, pemkot kediri, jatim
Festival itu merupakan ajang rutin yang digelar setiap tahun. Kegiatan ini melibatkan para pengusaha, baik UMKM maupun pedagang kaki lima,"
Kediri (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, akan menggelar Festival Jalan Doho 2012 pada 23-24 Novemver, karena pemerintah setempat berencana menutup jalur lalu lintas di Jalan Doho selama dua hari.

"Festival itu merupakan ajang rutin yang digelar setiap tahun. Kegiatan ini melibatkan para pengusaha, baik UMKM maupun pedagang kaki lima," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Kediri, Hariadi, di Kediri, Kamis.

Ada sekitar 155 pelaku usaha dari berbagai sektor seperti kuliner yang sudah mendaftarkan diri mengikuti festival tersebut. Mereka kebanyakan berasal dari Kota Kediri, walaupun tidak menutup kemungkinan ada pedagang dari luar Kota Kediri.

Selain diikuti para pelaku usaha, sejumlah agenda juga sudah disiapkan atraksi kesenian tradisional yaitu jaranan, wayang kulit. Ada juga beberapa hiburan lain seperti sepak bola api yang melibatkan sejumlah santri untuk mengikuti acara itu.

Hariadi mengatakan, saat ini panitia masih menyiapkan kegiatan tersebut. Persiapannya saat ini sudah sekitar 70 persen dan dipastikan saat kegiatan sudah selesai untuk persiapannya.

"Karena itu, kami berencana menutup total selama dua hari, karena ada acara festival pada Jumat (23/11) dan Sabtu (24/11)," katanya.

Kegiatan penutupan jalur, kata Hariadi akan mulai dilakukan sejak Kamis (22/11) untuk kendaraan roda empat, sementara untuk kendaraan roda dua akan mulai diberlakukan pada Jumat (23/11).

Rencananya, pihaknya juga akan melibatkan petugas dari Polres Kediri Kota selain dari Satuan Polisi Pamong Praja. Sejumlah muspida dipastikan juga akan hadir saat pembukaan di antaranya Wali Kota Kediri Samsul Ashar.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Kediri Kota AKP Surono mengatakan akan menerjukan sekitar 300 anggota untuk pengamanan kegiatan tersebut.

"Kami lakukan tugas kami untuk pengamanan. Kami akan atur mulai jalur saat pembukaan sampai selesai acara," katanya.

Ia mengatakan, pengamanan mulai intensif pada Jumat sore sampai malam. Seluruh petugas akan disebar mulai Jalan Basuki Rahmat (depan Balai Kota Kediri) sampai di lokasi festival.

Pihaknya juga meminta, masyarakat yang hendak lewat di jalur sepanjang Jalan Hayam Wuruk ke arah Jalan Brawijaya untuk tidak lewat jalur tersebut.

"Sebaiknya, warga menghindari jalur tersebut agar tidak terjebak kemacetan," katanya.
(ANT-130/E011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga