Rabu, 20 Agustus 2014

Indonesia berbagi angka lawan Laos

Minggu, 25 November 2012 21:27 WIB | 1.890 Views
Indonesia berbagi angka lawan Laos
Sejumlah pesepakbola Indonesia dan Laos tertunduk usai pertandingan babak penyisihan grup B Piala AFF 2012 di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (25/11). Kedua tim bermain imbang 2-2. (ANTARA/Prasetyo Utomo)
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim nasional Indonesia ditahan imbang Laos 2-2 pada pertandingan perdana penyisihan Grup B kejuaraan sepak bola Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia, Minggu.

Gol tim asuhan pelatih Nil Maizar itu dicetak oleh Raphael Maitimo menit ke-42 dan Vendry Mofu (89), sedangkan gol Laos dicetak oleh Khampheng Sayavutthi menit ke-29 melalui titik penalti dan Keoviengpheth Lithideth (79).

Tim Garuda yang mendapatkan dukungan lebih dari 2000 penonton ini langsung mengebrak pertahanan Loas meski lawan juga memberikan tekanan. Peluang pun langsung diraih salah satunya lewat Irfan Bachdim menit keenam, hanya saja sudulannya masih diatas gawang lawan.

Empat menit berselang, pemain keturunan Indonesia-Belanda itu kembali mengancam.

Berawal dari umpan Andik Vermansyah, Irfan Bachdim langsung menendang bola kearah penjaga gawang, namun bola masih tertahan dan tendangan keduanya masih meninggi. Begitu juga dengan tendangan Bambang Pamungkas.

Laos sebenarnya juga beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Indonesia terutama melalui sayap kanan. Novan Setya bahkan harus berkejaran untuk menghalau serangan dari Vilayout Sayyabounsou.

Petaka bagi Indonesia terjadi pada menit 25 setelah penjaga gawang Endra Prasetya melakukan pelanggaran terhadap Vilayout Sayyabounsou.

Dampaknya penjaga gawang andalan ini mendapatkan kartu merah dan diusir oleh wasit dari lapangan.

Laos pun mendapatkan hadiah penalti dan Khampheng Sayavutti mampu melaksanakan tugasnya dengan memperdayai penjaga gawang pengganti Wahyu Tri Nugroho pada menit ke-29 sehingga membawa Laos unggul 1-0.

Penjaga gawang Persiba Bantul itu masuk menggantikan Oktovianus Maniani.

Bermain dengan sepuluh orang Timnas Garuda sempat keteteran namun pada menit ke-33 pemain Laos, Sopha Saysana juga mendapatkan kartu merah dari wasit Ng Kai Lami setelah pemain nomor 14 itu melakukan pelanggaran keras pada Andik Vermansyah.

Sama-sama bermain dengan sepuluu orang, Timnas Garuda terus mendapatkan peluang.

Akhirnya pada menit 42, Raphael Maitimo mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah sundulannya tidak mampu ditangkap penjaga gawang Laos. Kondisi sama kuat terjadi hingga babak pertama usai.

Mamasuki babak kedua, Indonesia berusaha menguasai jalannya pertandingan. Target harus menang membuat semangat Bambang Pamungkas dan kawan-kawan kembali terlecut meski beberapa kali tekanan selalu digagalkan pertahanan Laos.

Serangan Laos sebenarnya juga cukup membahayakan. Beberapa kali peluang terjadi, hanya saja penjaga gawang Indonesia sigap dalam mengantisipasi arah tendangan pemain Laos.

Ancaman Laos yang lebih membahayakan terjadi menit ke-63. Tendangan bola mati salah satu pemain Laos mengarah ke pojok gawang, namun Wahyu Tri Nugroho mampu menepisnya.

Serangan demi serangan yang dibangun Laos akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-68. Hanya gol dari Keoviengpheth Lithideth itu dianulir wasit karena terlebih dahulu melakukan "handball".

Terus ditekan Wahyu Wijiasnanto dan kawan-kawan mencoba bangkit dan masuknya Vendry Mofu menggantikan Bambang Pamungkas membuat pola serangan mulai teratur. Hanya saja beberapa peluang gagal dimanfaatkan dengan baik yang salah satunya melalui Tonnie Cusell.

Memasuki 15 menit terakhir waktu normal, serangan secara bergantian dilakukan kedua tim. Bahkan pertandingan ini mengarah keras karena kedua tim ini sama-sama ingin menambah gol.

Akhirnya serangan Laos berbuah manis ketika tendangan keras Keoviengpheth Lithideth pada menit ke-79 mampu menjebol gawang Wahyu Tri Nugroho sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan anak asuh Kokichi Kimura itu.

Tertinggal 1-2, Indonesia berusaha mengejar ketingggalan dan serangan demi serangan dilakukan sehingga akhirnya Vendry Mofu mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-89.

Indonesia sebenarnya berpeluang unggul hanya saja umpan Andik tidak mampu diselesaikan oleh Irfan Bachdim. Dan kedudukan imbang 2-2 pun bertahan sampai pertandingan yang berlangsung dibawah siraman hujan itu usai.

Susunan pemain:

Indonesia : Endra Prasetya (pg)/KM, Raphael Maitimo, Hamdi Ramdan/Fachruddin, Wahyu Wijiasnanto/KK, Novan Setya, Oktovianus Maniani/Wahyu Tri, Taufiq, Tonnie Cusell/KK, Andik Vermansyah, Bambang Pamungkas (k)/Vendry Mofu dan Irfan Bachdim.

Laos : Sengphachan Bounthisanh (pg), Ketsada Pinkeo, Khampoumy Hanevilay, Soukaphone Vongchiengkam, Visay Phaphouvanin (k), Phatthana Syvilay, Vilayout Sayyabounsou/Keoviengpheth Lithideth, Sopha Saysana/KM, Viengsavanh Sayyaboun, Kovanh Namthavixay dan Khampheng Sayavutthi.

(B016/a032)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga