Rabu, 24 September 2014

May Day diamankan 19 kepolisian daerah

Selasa, 1 Mei 2012 16:40 WIB | 3.257 Views
May Day diamankan 19 kepolisian daerah
Polisi disiagakan untuk mengawal perjalanan ratusan buruh yang akan berdemo. (FOTO ANTARA/Wahyu Khrisna)
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 19 dari 31 kepolisian daerah se-Indonesia dikerahkan untuk mengamankan demonstrasi peringatan Hari Buruh se-Dunia (May Day). Hingga petang hari ini tidak dilaporkan terjadi gangguan keamanan berarti terkait demonstrasi buruh itu. 

"Informasi perkembangan dari aksi May Day hari ini, dari monitoring semua wilayah, hanya 19 kepolisian daeah yang ada kegiatan memperingati Hari Buruh Internasional dari 31 kepolisian daerah," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol M Taufik, di Jakarta, Selasa.

Adapun 19 kepolisian daerah yang di wilayah hukumnya terjadi demonstrasi May Day itu adalah Polda Metro Jaya, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, DIY, Riau, Sumatera Selatan, Bali, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Lampung, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Jambi, Gorontalo, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Utara.

"Perkembangan sampai saat alhamdulillah situasi pengamanan berkat kesiapan pengamanan dan kerjasama serikat pekerja dan instansi terkait tak ada kejadian menonjol," kata Taufik.

Ada perbedaan estimasi jumlah demonstran. Pihak serikat dan federasi buruh mengklaim demonstrasi itu diikuti 307.860 orang di 19 wilayah hukum polda-polda itu. Namun polisi menyatakan jumlahnya sekitar 161.355 orang. 

"Tentu yang paling banyak di Polda Metro Jaya sebanyak 182.000 orang," katanya.

Khusus untuk Jakarta ada beberapa kegiatan dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional. 

Pertama, kegiatan meyampaikan aspirasi di beberapa tempat yang telah berkoordinasi dengan kelompok masyarakat baik itu di Tugu Proklamasi, Bunderan Hotel Indonesia (HI), selebihnya ada yang mengarah ke Monumen Nasional (Monas) juga di Gelora Bung Karno

"Semua kegiatan pengamanan telah dikoordinasikan dengan Polda Metro Jaya dan kita akan membantunya. Seluruh Polda akan menurunkan 2/3 kekuatan untuk turun ke lapangan dan sisanya akan berada di markas-markas untuk mengamankan komando.

Polda Metro Jaya mengerahkan 6.000 personel, Brimob Polri sebanyak 20 Satuan Setingkat Kompi, Brimob Polda sebanyak 14 SSK, unsur Sabhara sebanyak 7 SSK dan dibantu TNI sebanyak 15 SSK. (*)


Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga