Rabu, 30 Juli 2014

Festival Budaya Jepang berlangsung di Surabaya

Minggu, 6 Mei 2012 10:43 WIB | 5.736 Views
Festival Budaya Jepang berlangsung di Surabaya
Festival Budaya Jepang. (FOTO ANTARA/ Ujang Zaelani)
Surabaya (ANTARA News) - Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Noboru Nomura, membuka "Bunkasai 2012" (Festival Budaya Jepang) di Gedung F Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Minggu.

Pembukaan festival bertema "Furusato" (kampung halaman) yang ditandai dengan pemukulan gong dan dekorasi gedung ala Jepang itu dihadiri puluhan pelajar SMA/SMK se-Jatim yang memiliki pelajaran Bahasa Jepang.

"Festival ini bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi ambillah hikmah dari budaya yang ada untuk kearifan hidup kita, apalagi Jurusan Sastra Jepang Unitomo berdiri sejak 1992, tentu usianya sudah dewasa," kata Nomura.

Dalam kesempatan itu, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya itu juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Unitomo yang meraih juara kedua dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang tingkat Jatim.

"Juara pertama lomba itu dari Unibraw Malang dan juara ketiga dari Untag Surabaya, tapi hanya juara pertama dan kedua yang berhak untuk mengikuti lomba serupa di tingkat nasional di Jakarta pada 9 Juni," katanya.

Sementara itu, Humas Bunkasai 2012, Indah, mengatakan festival budaya Jepang menyajikan berbagai kategori lomba tingkat SMA, seperti cerdas cermat, shodou (kaligrafi Jepang), mukshi banashi (bercerita tanpa teks), dan rodoku (membaca teks tulis berbahasa Jepang).
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga