Kamis, 30 Oktober 2014

Pulau Maratua perlu perhatian Pemkab Berau

| 2.889 Views
id wisata maratua, pemkab berau kaltim
Tanjung Redeb (ANTARA News) - Camat Maratua, Kudarat, meminta Pemerintah Kabupaten Berau, Kaltim untuk lebih mencurahkan perhatian terhadap perkembangan Pulau Maratua karena memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Pulau Derawan.

"Maratua siap menjadi tuan rumah tujuan wisata di Berau untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Bahkan, tidak sedikit wisatawan mancanegara khusus datang untuk menikmati keindahan Maratua baik darat maupun lautnya, " kata Camat Maratua, Kudarat, di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Minggu.

Menurut dia respons masyarakat juga sudah terlihat untuk menyambut dan bersikap baik terhadap wisatawan, salah satunya dengan terbentuknya kelompok warga yang bergerak untuk menciptakan peluang terbukanya Maratua bagi sektor pariwisata.

Objek wisata bahari, menurut Kudarat, menjadi andalan Maratua yang juga diamini oleh banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Salah satunya Erick, wisatawan asal Swedia yang mengatakan wisata bawah air Maratua setara dengan Pulau Derawan. Dia mengaku lebih sering mengunjungi Maratua untuk diving (menyelam).

Selain itu, Kudarat juga menyebutkan potensi di darat yang tidak kalah adalah Danau Haji Buang.

"Danau ini memiliki bentuk dan habitat yang sama dengan isi di Danau Pulau Kakaban, sebenarnya banyak potensi wisata lain yang masih perlu dipoles dan dipromosikan," ujarnya.

Kudarat mengakui, untuk fasilitas, Pulau Maratua masih jauh dari memadai. Saat ini untuk penginapan baru ada 3 tempat ditambah dengan home stay rumah warga. Home stay tersebut juga muncul dari ide masyarakat untuk menyediakan fasilitas penginapan bagi wisatawan yang masuk.

"Itulah respons warga agar Maratua terbuka bagi wisatwan, dan kami berharap Dinas Pariwisata Berau juga dapat membantu kami," katanya.

Satu kelompok yang terbentuk untuk tujuan wisata baru mulai terbentuk. Kelompok ini melakukan kegiatan pembersihan pantai, mendorong masyarakat hidup bersih dan peduli lingkungan, dengan tujuan menjaga aset wisata yang ada tetap bersih.

"Kita berharap kegiatan seperti rapat-rapat dengan pejabat luar daerah bisa digelar di sini sambil mempromosikan Pulau Maratua. Kami juga tidak bisa memunculkan potensi Maratua jika tidak didukung, maka dari itu besar harapan untuk pengembangan wisata tidak hanya di satu tempat melainkan di banyak kawasan potensial seperti Maratua," ujarnya.
(T.KR-HDA/A041) 

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca