Minggu, 21 September 2014

Menara pantau Situs Gunung Padang diminta dibongkar

Selasa, 5 Juni 2012 19:22 WIB | 3.921 Views
Menara pantau Situs Gunung Padang diminta dibongkar
Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam, Andi Arief (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Cianjur (ANTARA News) - Staf khusus kepresidenan bidang bencana alam, Andi Arief, minta Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Provinsi Jabar, membongkar menara pemantau di Situs Megalit Gunung Padang, di Desa Karyamukti, Campaka, Cianjur.

Pasalnya, pihaknya menilai, saat ini belum ditentukan zona mana yang harus dibangun menara atau bangunan lainnya. Jika zona telah ditentukan, pihaknya mempersilakan pemerintah daerah, maupun provinsi, untuk membangun menara atau bangunan lain guna kelancaran atau membantu pengunjung ke Situs Gunung Padang.

"Saya berharap pada Pemkab Cianjur dan Provinsi Jawa Barat, untuk membongkar kembali menara pantau di kawasan Situs Megalitikum Gunung Padang. Keberadaan menara pantau yang sudah dibangun, dikhawatirkan merusak peninggalan-peninggalan sejarah lainnya belum ditemukan," katanya, Selasa.

Sementara itu, Ketua Generasi Muda Pasundan (Gempas) Cianjur, Renda Gozali, mengatakan, keberadaan menara yang dibangun dari dana APBD  Jabar, Rp1,3 miliar, merusak estetika situs.

"Keberadaan menara tersebut, cukup berbahaya, karena pernah terjadi longsor pasca pengeboran. Dikhawatirkan longsor akan kembali terjadi, solusinya hanya satu pembongkaran," katanya.

Pihaknya berharap, Dinas Pariwisata Jabar, segera melakukan pembongkaran tersebut. Namun, pihaknya mengancam jika tidak dilakukan, pihaknya akan melakukan pembongkaran bersama masyarakat.

(KR-FKR/Y003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga