Kamis, 18 Desember 2014

Rieke kunjungi keluarga TKI Karawang

| 3.159 Views
id rieke diah pitaloka, tki karawang, tki arab saudi
Karawang (ANTARA News) - Anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka mendatangi keluarga Dedeng bin Abid Marsiun, tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang meninggal dunia di Arab Saudi akibat kecelakaan lalu lintas, Senin.

Rieke mendatangi keluarga almarhum Dedeng di Kampung Cengkong, Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari, Karawang, untuk ikut berbelasungkawa sekaligus berusaha untuk membantu pihak keluarga agar mendapatkan hak-haknya, seperti uang asuransi dan lain-lain.

Di hadapan warga Kampung Cengkong, Rieke berpesan agar masyarakat lebih baik bekerja di dalam negeri dan menghilangkan keinginannya menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI). Sebab, cukup banyak kasus yang menimpa TKI, termasuk TKI asal Karawang.

Walaupun ada masyarakat Karawang yang berkeinginan menjadi TKI, seharusnya membekali diri dengan keahlian dan belajar bahasa negara tujuan sebelum berangkat.

Dalam kunjungan itu, Rieke langsung menghubungi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Jumhur Hidayat, di depan keluarga Dedeng.

Melalui sambungan telepon genggamnya, Rieke meminta agar BNP2TKI membantu keluarga korban untuk mengurus uang asuransi yang sudah menjadi hak keluarga korban.

Setelah melakukan percakapan itu, Rieke mengucapkan terima kasih kepada Jumhur Hidayat yang bersedia berbicara saat dihubungi dan berkenan membantu keluarga korban TKI yang meninggal di Arab Saudi itu.

Dedeng bin Abid Marsiun sendiri meninggal dunia di Arab Saudi akibat kecelakaan lalu lintas pada 20 Maret 2012, dan jenazahnya baru dipulangkan pada Jumat (8/6). Proses pemulangan jenazah itu langsung diurus oleh pemerintah desa setempat, dengan langsung menjemput ke bandara.

Dedeng berangkat ke luar negeri untuk menjadi TKI pada 3 April 2010 melalui perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) PT Tifar Admanco.

Selain menjengkuk keluarga Dedeng, Rieke yang didampingi anggota DPRD Jawa Barat Deden Darmansyah langsung menjenguk TKI asal Karawang lainya, Estilawati Binti Darsilam, warga Dusun Pulowideng, Jayanegara, kecamatan Tempuran, Karawang.

Estilawati dijenguk karena baru bisa pulang dan berkumpul dengan keluarga setelah 10 tahun hilang kontak dengan pihak keluarga di Karawang.

(KR-MAK)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga