Rabu, 1 Oktober 2014

Tim Filipina kuasai Tour de Jakarta 2012

Minggu, 17 Juni 2012 17:44 WIB | 4.384 Views
Tim Filipina kuasai Tour de Jakarta 2012
Tour de Jakarta (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Dominasi pebalap asal Filipina ini sudah terlihat sejak kejuaraan dimulai.
Jakarta (ANTARA News) - Tim asal Filipina, American Vinyl LPGMA menguasai perolehan gelar kejuaraan balap sepeda internasional Polygon Tour de Jakarta 2012 yang start dan finish di Senayan, Jakarta, Minggu.

Tim ini mampu menempatkan wakilnya yaitu Cris Joven sebagai pebalap individual tercepat dengan catatan waktu 3.31.15 serta menjadi juara untuk kategori tim dengan catatan waktu 10.35.25.

Dominasi pebalap asal Filipina ini sudah terlihat sejak kejuaraan dimulai. Cris Joven dan kawan-kawan terlihat tenang meski mendapatkan tekanan dari pebalap tuan rumah maupun pebalap asing yang turun di kejuaraan kalender UCI ini.

"Hasil ini adalah dampak dari kerja keras tim. Jika bermain sendiri jelas akan susah untuk menjadi yang tercepat," kata pemenang Polygon Tour de Jakarta 2012, Cris Joven usai perlombaan.

Menurut dia, kunci kemenangan dirinya maupun tim peroleh saat bisa memimpin jalannya perlombaan terutama diakhir-akhir perlombaan. Dengan dibantu tim dirinya terus didepan hingga finis dan unggul dua detik dari pebalap yang finis nomor dua.

"Kami bisa melepaskan diri dengan rombongan besar. Setelah itu kami tetap unggul hingga finis," kata pebalap dengan UCI CODE PHI19860524 ini.

American Vinyl LPGMA Filipina pada Polygon Tour de Jakarta 2012 selain mengandalkan Cris Joven juga menurunkan Ronnel R Hualda, Irish Valenzuela, Rudy Roque dan Nicolas Edmundo Jr.

Tim Filipina ini meski menang tetap mendapatkan tekanan dari pebalap tuan rumah lewat Hari Fitrianto yang memperkuat Pengprov ISSI Jawa Timur. Pebalap binaan Polygon Sweet Nice Surabaya itu finis kedua dengan catatan waktu 3.31.17. Selain itu bisa membawa timnya menjadi terbaik kedua dengan waktu 10.35.27.

"Sebenarnya peluang untuk menjadi juara memang ada, tapi lawan lebih cepat disprint dan saya hanya finis diurutan kedua," kata Hari Fitrianto usai perlombaan.

Pada Tour de Jakarta 2012, tim Pengrov ISSI Jawa Timur diperkuat oleh pebalap berpengalaman yaitu Hari Fitrianto, Herwin Jaya, Bambang Suryadi, Ferinanto dan Kaswanto. Sedangkan posisi tiga individu direbur Rastra Patria dari Colossi Miche dengan waktu 3.31.17 dan untuk tim direbut Putra Perjuangan Bandung dengan 10.35.53.

Sementara itu Ketua Polygon Tour de Jakarta 2012, Perry H Josohadisoerjo mengatakan, secara umum pelaksanaan kejuaraan kalender UCI berjalan dengan lancar meski ada beberapa perubahan terutama dari jumlah putaran yang harus dilalui pebalap.

"Pada awalnya 20 putaran, tapi kami pangkas jadi 15 putaran. Ada beberapa alasan kenapa kami memangkas jumlah putaran," katanya usai kejuaraan.

Menurut dia, 15 putaran dinilai telah sesuai dengan regulasi karena jarak tempuh sudah mencapai 147 km. Selain ini karena sudah tidak cukup waktu terkait dengan penutupan total jalan protokol yaitu jalan Panglima Sudirman hingga MH Thamrin dimana kejuaraan digelar.

"Selain itu sudah tidak menarik lagi. Makanya putaran langsung kami pangkas. Yang jelas semua sudah dikoordinasikan," kata pria yang juga ketua IPSJ itu.

Polygon Tour de Jakarta 2012 sedikitnya diikuti 15 tim baik lokal dan asing. Tim asing yang turun adalah Antangin Eddy Hollands, Trengganu Cycling Team, Uzbekistan Suren Team dan American Vinyl LPGMA Filipina.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga