Jumat, 19 Desember 2014

Buah kiwi bisa gantikan suplemen makanan

| 3.410 Views
id kiwi, buah-buahan, makanan sehat, suplemen makanan, gizi
kiwi juga mengandung enzime unik yang terdapat di kiwi hijau...."
Bandung (ANTARA News) - Buah kiwi bisa menjadi pengganti suplemen makanan karena kandungan vitaminnya yang banyak.

"Dua kiwi sehari cukup menjaga kebugaran yang lebih lama, dan bisa menggantikan konsumsi suplemen makanan," kata Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran UI Dr Fiastuti Witjaksono di Bandung, Minggu.

Menurut Fiastuti, buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar dan dua kali lipat dari kandungan yang dimiliki buah jeruk dalam berat yang sama dalam hal ini 100 gram.

Selain itu, vitamin C-nya bisa bertahan lebih lama dan sifatnya mengenyangkan. Kiwi  juga tidak mengakibatkan peningkatan asam lambung yang berlebihan sehingga aman untuk penderita penyakit maag.

"Selain kandungan serat yang tinggi, kiwi juga mengandung enzime unik yang terdapat di kiwi hijau yakni actinidin yang fungsinya mencerna protein sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh," katanya.

Buah itu juga mengandun serat, probiotik dan enzim pencerna yang cukup tinggi, sehingga bisa berperan dalam menyehatkan saluran cerna yang sarat dengan bakteri dan racun sehingga memberikan kekuatan daya tahan tubuh.

Protein yang diserap dengan baik, akan memberikan manfaat sebagai zat pembangun, mengganti sel-sel yang rusak dan menjaga agar metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

"Buah kiwi juga kaya akan asal folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil, juga memiliki glycaemic indeks yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes," katanya.

(ANTARA)


COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga