Sabtu, 30 Agustus 2014

Lontar berusia 700 tahun dipamerkan

Sabtu, 23 Juni 2012 15:27 WIB | 5.031 Views
Lontar berusia 700 tahun dipamerkan
Ilustrasi (ANTARA/Wahyu Putro A)
Denpasar (ANTARA News) - Lontar kuno yang diperkirakan berusia 700 tahun dipamerkan di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34 yang digelar di Taman Budaya, Denpasar, Sabtu.

"Satu yang berusia 700 tahun itu dan sisanya merupakan lontar salinan karena lontar aslinya masih lestari di masyarakat," ujar staf Pusat Dokumentasi, Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Agung Wiryawan..

Lontar yang dipamerkan berjumlah 35 buah.  Ia mengatakan, untuk lontar salinan kondisinya tetap terawat dengan usia paling lama 20 tahun.

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran Lontar, Made Suardewi mengatakan pameran lontar kuno ini bertujuan untuk mengajak masyarakat mengenali dan mempelajari kekayaan intelektual warisan masa lalu.

"Kami sengaja memamerkan lontar, khususnya lontar usadha (pengobatan) Bali karena kami ingin mengajak masyarakat untuk kembali menggali, mengenal, mempelajari, dan mengaplikasikan kekayaan intelektual yang terdapat di dalam lontar, yang sesungguhnya sangat ilmiah dan berisi kumpulan ilmu pengetahuan," katanya.

(KR-LHS/M029)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga