Minggu, 21 Desember 2014

Pemkab Pasaman tingkatkan pemahaman masyarakat tentang bencana

| 2.061 Views
id kabupaten pasaman, lubuk sikaping
Lubuk Sikaping, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat bertekad terus meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebencanaan untuk mengurangi risikonya.

"Kami akan mengunjungi masyarakat termasuk sekolah-sekolah untuk menyosialiasikan mitigasi (tindak pencegahan) dan penanggulangan bencana," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman M Nasir di Lubuk Sikaping, Sabtu.

Dia mengatakan, setiap warga harus paham dengan bencana serta cara yang tepat untuk menanggulanginya.

"Kalau masyarakat sudah mengerti cara penanggulangan bencana, diyakini risiko yang ditimbulkan akibat bencana akan dapat dikurangi," kata dia.

Dia menyebutkan, untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, pemerintah setempat membangun sistem jaringan kerja BPBD hingga ke kecamatan.

"Setiap kecamatan mesti melakukan kerja sama yang baik dengan BPBD, karena penanggulangan bencana sudah menjadi kewajiban dan tugas kita bersama," kata dia.

Menurut dia, kalau jaringan kerja sama sudah terjalin, maka akan membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana daerah, termasuk dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara mengurangi risiko bencana.

Lebih lanjut dia menambahkan, sebagai langkah nyata untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah kabupaten telah melatih sebanyak 80 orang yang terdiri atas para camat, siswa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh masyarakat di Kecamatan Duo Koto pada 20 Juni 2012.
(KR-MLN)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca