Sabtu, 25 Oktober 2014

Cirus belum dipecat

| 877 Views
id cirus sinaga, jamwas marwan effendy, kejaksaan agung
Cirus belum dipecat
Cirus Sinaga (ANTARA/Dhoni Setiawan)
Cirus tetap dihukum lima tahun penjara ditambah denda Rp150 juta subsider tiga bulan kurungan.
Jakarta (ANTARA News) - Kejaksaan Agung mengaku belum menerima salinan putusan kasasi Jaksa Nonaktif Cirus Sinaga yang tetap dihukum lima tahun kurungan, hingga pemberhentiannya secara tetap belum dikeluarkan.

"Belum diberhentikan, karena salinan putusannya belum diterima. Kita tunggu putusannya diterima," kata Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas), Marwan Effendy, di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya. Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi dari jaksa nonaktif Cirus Sinaga yang dinyatakan bersalah karena melakukan tindak pidana korupsi terkait penanganan perkara Gayus H Tambunan.

Putusan itu ditetapkan majelis kasasi yang diketuai Djoko Sarwoko dan anggota Krisna Harahap dan Abdul Latif, Senin.

"Pertimbangan majelis kasasi seperti pertimbangan majelis hakim tingkat pertama," kata Djoko Sarwoko saat dihubungi wartawan di Jakarta.

Dengan ditolaknya permohonan kasasi ini, Cirus tetap dihukum lima tahun penjara ditambah denda Rp150 juta subsider tiga bulan kurungan.

Menurut Djoko, pihaknya tidak bisa memperberat hukuman Cirus karena dakwaan yang dikenakan oleh jaksa bersifat alternatif.

Majelis hakim menyatakan Cirus terbukti merekayasa pasal untuk Gayus Tambunan dengan sengaja memasukkan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan.

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonis Cirus dengan hukuman penjara lima tahun ditambah denda Rp150 juta karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi dengan merintangi secara tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan perkara korupsi Gayus H Tambunan di pengadilan.

Berdasarkan fakta persidangan, Cirus selaku jaksa peneliti perkara Gayus H Tambunan terbukti menghilangkan pasal korupsi dan mengarahkan perkara Gayus ke pidana umum penggelapan uang.

Merespons putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta ini, Cirus mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Jakarta.

Namun Pengadilan Tinggi DKI Jakarta justru menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta yang menyatakan jaksa nonaktif Cirus Sinaga bersalah.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga