Minggu, 21 September 2014

Kementerian Agama bangun ponpes di perbatasan

Kamis, 28 Juni 2012 14:18 WIB | 2.857 Views
Kementerian Agama bangun ponpes di perbatasan
Kementerian Agama RI. (FOTO.ANTARA News/ ferly)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama segera membangun pondok pesantren (Ponpes) di kawasan perbatasan yakni di Kepulauan Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Direktur Pendidikan Agama Islam (Pendis), Amin Haidari, di Jakarta, Kamis, mengatakan pembangunan gedung ponpes itu diharapkan selesai pada Juli atau Agustus 2012.

Pembangunan ponpes di kawasan perbatasan Indonesia dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura ini, dinilai penting karena dapat menjadi bagian dari percepatan pembangunan di daerah tersebut.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Karimun, Afrizal, mengatakan, pihaknya bersama dengan Ditjen Pendis tengah merancang kebutuhan tenaga pengajar di ponpes.

Ponpes di Karimun ini akan diorientasikan ke bidang pertanian.

"Kita siap bekerja sama dengan IPB dan UGM," kata Afrizal.

Menurut pejabat dari Ditjen Pendis, Imam Syafei, tenaga pengajar ponpes di Kepulauan Karimun akan direkrut dari UGM dan IPB, mengingat banyak santri yang belajar di dua universitas tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Agama telah membangun beberapa ponpes di wilayah perbatasan, antara lain di Sintang dan Sambas di Kalimantan Barat, Pulau Sebatik (Kalimantan Timur), Merauke (Papua), Sabang (Aceh),  dan Atambua (NTT).

(E001)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga