Selasa, 30 September 2014

Pameran teknologi meriahkan kontes robot nasional

Jumat, 29 Juni 2012 12:45 WIB | 3.893 Views
Pameran teknologi meriahkan kontes robot nasional
Ilustrasi (FOTO ANTARA/R. Rekotomo)
Peserta pameran adalah distributor produk-produk teknologi dari seluruh Indonesia
Bandung (ANTARA News) - Pameran teknologi akan memeriahkan Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) tingkat nasional 2012 yang digelar di Sasana Budaya Ganesha, Institut Teknologi Bandung, 30 Juni-1 Juli 2012.

"Ada yang sedikit berbeda dari perhelatan tahunan ini karena akan ada mata acara baru untuk melengkapi kemeriahan KRI, KRCI, dan KRSI tahun 2012, yaitu pameran teknologi," kata Ketua Umum Kontes Robot tingkat nasional, Kusprasapta Mutijarsa di Bandung, Jumat.

Menurut dia, pameran teknologi tersebut akan memperkenalkan produk-produk teknologi terbaru di bidang robotika, komputer, elektronika, telekomunikasi, dan teknologi informasi.

Panitia KRI tingkat nasional berharap ajang kontes yang disertai pameran tersebut dapat menjadi sarana pertukaran ilmu dan informasi di bidang teknologi, karena peserta kontes berasal dari berbagai universitas di seluruh penjuru Indonesia.

"Mengingat dalam KRI, KRCI, dan KRSI 2012, pesertanya berasal dari seluruh penjuru universitas-universitas di Indonesia, maka diperkirakan pengunjung pameran teknologi ini akan sangat banyak jumlahnya dan beragam daerah asalnya dengan latar belakang minat teknologi yang tinggi," tutur Mutijarsa.

Pada 2012, terdapat 94 tim dari 50 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang akan berlaga pada KRI, KRCI, dan KRSI tingkat nasional.

Sebanyak 24 tim akan bertanding pada kategori KRI, 16 tim pada kategori KRSI dengan tema robot penari piring, 23 tim pada kategori KRCI pemadam api beroda, 14 tim pada kategori KRCI pemadam api berkaki, serta 17 tim KRCI kategori RoboSoccer Humanoid League (RSHL).

Sebanyak 94 tim yang berkompetisi pada tingkat nasional adalah para pemenang dari kontes tingkat regional yang telah diselenggarakan di lima wilayah Indonesia.

Pemenang kategori KRI tingkat nasional akan mendapat kesempatan mengikuti kontes robot internasional ABU Robocon di Hongkong pada 19 Agustus 2012 mewakili Indonesia. Sedangkan pemenang KRCI pemadam api akan diikutsertakan dalam kompetisi robot di Amerika Serikat pada 2013.

Sementara untuk pemenang KRCI RSHL akan mewakili Indonesia untuk mengikuti kompetisi internasional Robocup pada 2013.

Kompetisi tingkat nasional 2012 di Sabuga ITB menurut rencana akan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh pada 30 Juni.

(D013)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga