Kamis, 31 Juli 2014

Warga Colorado kembali ke kota yang hangus

Senin, 2 Juli 2012 11:23 WIB | 3.348 Views
Warga Colorado kembali ke kota yang hangus
Asap mengepul dari kebakaran Waldo Canyon yang bergerak ke arah I-25 sebelah utara Colorado Springs di Colorado, Selasa (26/6). Kebakaran besar membara di dekat beberapa wilayah yang paling sering dikunjungi wisatawan dan berubah menjadi terburuk saat angin panas mendorong api ke arah utara, memicu evakuasi terhadap 7,000 warga, menurut keterangan pihak terkait. (REUTERS/Rick Wilking)
Colorado Springs (ANTARA News) - Penduduk mulai kembali ke daerah yang hangus terbakar di Colorado Springs, Mingggu, setelah kebakaran paling parah dalam sejarah Colorado sehingga memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka dan menghanguskan wilayah sekitar.

Beruang dan penjarah menjadi ancaman bagi para pemilik rumah yang kembali ke kota setelah kebakaran, yang menyebabkan dua warga meninggal.

Apa yang disebut Api Waldo Canyon-lah yang menghanguskan area seluas 7.149 hektare, 346 rumah, dan menghancurkan komunitas di sekitar Colorado Spring, kota terbesar kedua di negara bagian Colorado, sejak delapan hari lalu.

Gubernur John Hickenlooper mengatakan hal terburuk sudah selesai dan sebagian besar dari tujuh kebakaran besar sudah bisa dikendalikan.

"Sekarang kami mulai memikirkan bagaimana kami akan membangun kembali dan memulihkan keadaan. Tapi kami juga tahu bahwa alam tidak bisa diprediksi di luar sana, jadi kami tetap sangat waspada," kata Hickenlooper kepada pembawa acara "State of the Union", CNN.

Dua rumah penduduk kembali dijarah pada malam hari sehingga tercatat sudah ada 24 rumah yang dijarah selama terjadinya bencana yang menyebabkan sekitar 32.000 warga mengungsi tersebut, kata pejabat setempat.

Untuk menjaga keamanan, sejumlah 165 personel Pengawal Nasional dikerahkan di bawah komando Presiden Barack Obama, yang sempat mengunjungi lokasi bencana pada Jumat.

Penduduk yang kembali ke rumah mereka tinggal tanpa ada listrik.

Warga Colorado Springs dari wilayah Mountain Shadows diijinkan untuk melihat rumah mereka saat siang hari pada Ahad, namun diperintahkan untuk mengosongkan wilayah pada jam 18.00 waktu setempat.

Perintah evakuasi wajib dicabut untuk sejumlah wilayah di kota tersebut pada pukul 20.00 waktu setempat.

"Warga yang kehilangan tempat tinggal dan tidak dipenuhi rasa haru," kata anggota tim eksekutif Wali Kota Steve Cox di Colorado Springs. "Strategi kami adalah untuk menyusutkan area yang menjadi fokus".

Listrik dan air minum telah kembali tersedia untuk sebagian besar wilayah tempat warga telah diijinkan kembali ke rumah mereka, namun layanan gas belum tersedia.

Gubernur menggambarkan dampak dari kebakaran yang ia lihat dari udara saat terbang melintasi Hutan Nasional Pike di Colorado Springs, kota dengan kurang lebih 400.000 warga dan berjarak 80Km di selatan Denver.

"Ini seperti melihat mimpi buruk dalam sebuah film, yang menunjukkan bagaimana kiamat terlihat," kata Hickenlooper.

"Saya kira itu adalah pohon-pohon yang terbakar, setelah mendekat ternyata itu adalah rumah," kata dia.

(A059/C003)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca