Sabtu, 25 Oktober 2014

Wall Street melemah setelah kepercayaan bisnis turun

| 2.607 Views
id bursa saham global, dow jones jatuh, wall street, nasdaq
New York (ANTARA News) - Wall Street ditutup melemah tajam pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena investor mencerna sebuah awal positif untuk musim laba perusahaan, kesepakatan zona euro untuk membantu bank-bank Spanyol, dan data perdagangan China yang mengecewakan.

Sebuah kemerosotan kepercayaan yang dicatat oleh sebuah survei usaha kecil AS dan peringatan di bidang perusahaan "menjadi" kecemasan," kata analis Charles Schwab & Co, lapor AFP.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 83,17 poin (0,65 persen), ditutup pada 12.653,12.

S&P 500 turun 10,99 poin (0,81 persen) menjadi 1.341,47, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq tergelincir 29,44 poin (1,00 persen) menjadi 2.902,33.

Federasi Nasional Bisnis Independen (NFIB) mengatakan, indeks optimisme usaha kecilnya jatuh pada Juni ke angka terendah sejak Oktober lalu.

"Ketidakpastian politik yang secara historis tetap tinggi dan berlanjut menjadi penyebab utama keengganan untuk kalangan pemilik usaha kecil untuk berkembang," kata NFIB.

"Setelah lambat tetapi membaik stabil selama semester pertama tahun ini, optimisme bisnis kecil jauh memburuk pada Juni," kata Leslie Levesque di IHS Global Insight.

Alcoa menukik 4,1 persen, pencetak penurunan terbesar pada kelompok 30-saham Dow. Raksasa aluminium itu memulai musim laporan laba perusahaan secara tidak resmi setelah pasar ditutup Senin, melaporkan hasil sesuai dengan harapan.

Anggota Dow, Caterpillar merosot 3,5 persen, sedangkan Intel turun 2,3 persen. Pembuat chip itu mengumumkan akan memompa sekitar 4,1 miliar dolar AS ke perusahaan Belanda ASML Holding. Saham ASML yang diperdagangkan di AS melonjak 8,5 persen.

Kraft Foods adalah pencetak kenaikan terbesar dalam kelompok saham unggulan (blue-chip), naik hampir 1,0 persen.

Di Nasdaq, Advanced Micro Devices jatuh 11,2 persen setelah pembuat mikroprosesor itu menurunkan perkiraan pendapatan kuartal kedua.

Indeks-indeks AS turun lebih moderat pada Senin karena pelambatan ekonomi dan kekhawatiran tentang stabilitas dan pertumbuhan Eropa dan China menyeret sentimen.

Pasar obligasi menguat. Imbal hasil pada obligasi Treasury 10-tahun merosot ke 1,50 persen dari 1,51 persen pada Senin, sementara pada obligasi 30-tahun turun menjadi 2,59 persen dari 2,62 persen.

Harga dan imbal hasil obligasi bergerak dalam arah berlawanan.(A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga