Jumat, 19 Desember 2014

Gara-gara burung bangkai, pesawat PM Kanada dikandangkan

| 5.268 Views
id pesawat jet, tabrakan pesawat, burung bangkai
Gara-gara burung bangkai, pesawat PM Kanada dikandangkan
Burung bangkai turki (public-domain-image.com)
Karena pesawat mengalami kerusakan, tindakan untuk memperbaikinya belum ditentukan
Ottawa (ANTARA News) - Pesawat jet yang biasa digunakan perdana menteri dan para pejabat tinggi pemerintah Kanada maupun keluarga kerajaan Inggris, terpaksa harus dikandangkan setelah bertabrakan di udara dengan benda yang diduga sebagai burung bangkai turki.

Pesawat jet Challenger itu sedang terbang dan dalam proses mendarat di Pangkalan Udara MacDill di Florida pada 24 Mei lalu,  ketika bertabrakan dengan seekor "burung yang sangat besar", demikian diungkapkan seorang petugas departemen pertahanan, Sabtu.

Pesawat tersebut mendarat selamat namun mengalami kerusakan sangat parah sehingga harus dikandangkan selama beberapa minggu sampai perbaikan sementara memungkinkannya untuk kembali terbang ke Ottawa pada 10 Juli.

Hantaman oleh burung bangkai itu menyebabkan kerusakan di bagian kubah radar dan sekat pesawat, kata petugas kepada AFP.

Pesawat jet Kanada itu dilaporkan sedang terbang menuju Florida untuk menjemput komandan pasukan khusus Kanada, Brigadir Jenderal Denis Thompson dan para pejabat pasukan khusus untuk diterbangkan ke Ottawa guna menghadiri sebuah pertemuan tingkat tinggi.

Setelah kecelakaan itu terjadi, sebuah pesawat jet pemerintah dikirim untuk menjemput mereka.

Harian Ottawa Citizen mengutip keterangan dari sumber di departemen pertahanan yang mengatakan bahwa pesawat yang mengalami tabrakan tersebut kemungkinan sudah tidak bisa digunakan.

Dalam beberapa dekade terakhir ini, sudah lebih dari 50.000 kasus tabrakan yang terjadi antara burung dengan pesawat militer Amerika Serikat, demikian menurut statistik yang dimiliki Angkatan Udara AS seperti dikutip harian tersebut.

Tabrakan antara burung asli dan burung besi itu telah menimbulkan kerugian sebesar 30 juta dolar AS setahun.

Burung bangkai turki, yang kelebaran sayapnya bisa mencapai hingga dua meter serta memiliki berat badan lebih dari dua kilogram, disebut-sebut sebagai sebuah penyebab utama terhadap kerugian yang dialami Angkatan Udara AS karena kasus tabrakan pesawat.

(T008/H-RN)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga