Senin, 20 Oktober 2014

Pembuat obat HIV Antonin Holy meninggal

| 4.303 Views
id antonin holy, obat hiv, meninggal, ilmuwan
Pembuat obat HIV Antonin Holy meninggal
Ilmuwan Antonin Holy meninggal di usia 75 tahun. (www.uochb.cz)
Praha (ANTARA News) - Ilmuwan asal Ceko yang berperan penting dalam pembuatan obat untuk penyakit HIV/AIDS, Antonin Holy, meninggal di usia 75 tahun.

Holy meninggal Senin lalu, ketika regulator kesehatan Amerika Serikat setuju menggunakan Truvada, obat yang Holy kerjakan, untuk mencegah infeksi pada orang-orang yang berisiko tinggi terjangkit virus yang menyebabkan AIDS.

Viread juga termasuk dalam Truvada, obat untuk mengobati HIV, yang Holy kerjakan bersama virolog Erik De Clercq.

Holy, yang memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi termasuk Descartes Prize dalam bidang sains dari Uni Eropa pada 2001, juga membantu mengembangkan Vestide, obat untuk perawatan retinitis pada penderita AIDS, dan Hespera untuk hepatitis B.

Ia meninggal setelah berjuang melawan penyakit dalam waktu yang lama.

"Ini kehilangan yang sangat besar," kata Zdenek Havlas, mantan kepala Institute of Organic Chemistry and Biochemistry di Czech Academy of Sciences, yang bekerja di sana dengan Holy selama 35 tahun. "Ia berasal dan akan selalu menjadi milik para ilmuwan dan alkemis besar," katanya.

"Ia memiliki kelebihan mencari struktur kima dan segera menyatakan apakah itu layak untuk diteruskan dan efek yang ditimbulkan," tambahnya.

Selama masa pemerintahan komunis di Cekoslowakia dulu, Holy dilarang mengawasi murid-muridnya dan bekrja hanya dibantu seorang teknisi. Setelah rezim komunis tumbang pada 1989, ia diizinkan membentuk tim dan mulai memberi kuliah di universitas-universitas di Ceko.

Pada tahun 2008, ia menerima gelar guru besar di University of Manchester's School of Chemistry di Inggris Raya.

Perusahaan farmasi AS Gilead Sciences Inc, pembuat Truvada, mendonasikan jutaan dolar kepada Institute of Organic Chemistry and Biochemistry. Sebagian dari donasi itu digunakan untuk mendanai penelitiannya, demikian dikutip dari Reuters.

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga