Polda Jatim waspadai Pantura saat mudik Lebaran

Minggu, 5 Agustus 2012 16:15 WIB | 4022 Views

Polda Jatim waspadai Pantura saat mudik Lebaran

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Pantura ruas Juwana-Rembang, Jateng, Sabtu (4/8). Kondisi jalan sepanjang 10 kilometer itu masih dalam proses pelebaran dan pembetonan sehingga mengakibatkan arus lalu lintas menjadi tersendat. FOTO ANTARA/R. Rekotomo)

Pantura rawan kriminalitas, tapi juga rawan kemacetan seperti di Duduksampean (Gresik), sehingga Pantura juga rawan kecelakaan,"
Berita Terkait
Surabaya (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Timur mewaspadai jalur pantai utara dan jalur tengah yang dinilai rawan kecelakaan, kemacetan, dan kriminalitas saat arus mudik Lebaran 2012.

"Pantura rawan kriminalitas, tapi juga rawan kemacetan seperti di Duduksampean (Gresik), sehingga Pantura juga rawan kecelakaan," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Komarul Zaman di Surabaya, Minggu.

Didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Hilman Thayib, ia menjelaskan jalur pantura yang dimaksud meliputi Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, hingga Banyuwangi.

"Jalur lain yang juga rawan kecelakaan, kemacetan, dan kriminalitas adalah jalur tengah seperti Madiun pada titik Wilangan-Caruban, Ngawi pada titik Mantingan, dan Nganjuk pada titik Nganjuk-Madiun dan Kertosono," katanya.

Selain itu, di Kediri pada titik Mengkreng, Jombang pada titik Mojoagung dan Peterongan, By Pass Mojokerto, hingga Surabaya. Di Surabaya sendiri, jalur yang rawan macet ada di Jalan Ahmad Yani dan Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura).

"Selain pantura dan jalur tengah, jalur lain yang juga rawan macet adalah beberapa titik di jalur selatan yakni Malang pada titik Lawang dan Singosari, Blitar pada titik Wlingi, Tulungagung pada perbatasan Tulungagung-Kediri, Pacitan pada perbatasan Pacitan-Ponorogo, dan Trenggalek di perbatasan Trenggalek-Ponorogo," katanya.

Menurut dia, Polda Jatim dan jajarannya juga mewaspadai jalur rawan bencana alam dan terorisme/sabotase. Rawan bencana alam adalah Tuban, Lamongan, Sidoarjo, Pasuruan, Jember, Banyuwangi, Blitar, Nganjuk, Ponorogo, Trenggalek, dan Pacitan.

"Untuk wilayah rawan terorisme dan sabotase adalah Ngawi, Magetan, Lamongan, Tuban, Gresik, Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo," katanya.

Kecelakaan meningkat

Kecelakaan lalu lintas selama Operasi Ketupat 2011 tercatat 667 kecelakaan dengan 94 korban meninggal dunia, 130 korban luka berat, dan 507 korban luka ringan.

"Data itu meningkat dibandingkan dengan angka kecelakaan tahun 2010 yakni 459 kecelakaan dengan 93 korban meninggal dunia, 54 korban luka berat, dan 189 korban luka ringan. Jadi, angka kecelakaan meningkat 45,3 persen," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Komarul Zaman.

Namun, katanya, pelanggaran lalu lintas menurun yakni 8.911 tilang pada tahun 2011 dibandingkan dengan 11.659 tilang pada tahun 2010 atau ada penurunan hingga 23,5 persen.

"Kalau dihitung dari kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas, maka sepeda motor mendominasi yakni 593 kasus, lalu mobil penumpang 85 kasus, mobil barang 69 kasus, bus 23 kasus, dan kendaraan lain-lain 11 kasus," katanya.

Untuk melayani pemudik dalam membantu kelancaran arus mudik sejak H-9 hingga H+6 Lebaran 2012, Polda Jatim mengerahkan 13.982 personel polisi se-Jawa Timur.

Selain 13.982 personel pengamanan Mudik Lebaran 2012, pihaknya juga menyiapkan 320 pos pengamanan (pospam), 39 masjid bintang, dan 46 pos pelayanan.

"Masjid Bintang merupakan program pelayanan yang berpusat di masjid di jalur arus mudik dan balik. Ini layanan yang bersinergi dengan masyarakat, seperti MUI, takmir masjid, kepala desa, remaja masjid, dan masyarakat sekitar masjid," katanya.

Untuk pospam merupakan pos pelayanan lintas instansi yakni Polri, TNI, Dishub/DLLAJ, dan sebagainya, sedangkan pos pelayanan melibatkan dinas kesehatan, bengkel, dan swasta.

(E011/N002)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Legislator minta pemerintah awasi pembagian THR

Legislator minta pemerintah awasi pembagian THRAnggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka mendesak pemerintah, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan ...

PM Najib ucapkan selamat kepada Jokowi lewat Twitter

PM Najib ucapkan selamat kepada Jokowi lewat TwitterPerdana Menteri Malaysia Najib Razak menyampaikan ucapan selamat melalui Twitter kepada Joko Widodo yang ditetapkan ...

Virus MERS terdeteksi dalam sampel udara dari kandang unta

Virus MERS terdeteksi dalam sampel udara dari kandang untaPara peneliti Arab Saudi menemukan gen virus mematikan Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) dalam contoh udara dari ...