Sabtu, 25 Oktober 2014

Partai Islam jadikan hasil survei bahan masukan

| 1.763 Views
id wakil rakyat,Aboe Bakar Al-Habsy, hasil survei, partai Islam
Partai Islam jadikan hasil survei bahan masukan
Partai Islam Suram Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfarabi (kanan), didampingi moderator Fitri Hari, menyampaikan paparan tentang hasil penelitian LSI di Jakarta, Minggu(14/10). (ANTARA/ Ujang Zaelani)
Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) akan dijadikan sebagai bahan koreksi dan masukan bagi partai-partai Islam menyongsong Pemilu 2014.

Demikian dikatakan oleh politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Al-Habsy di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

"Saya rasa itu koreksi buat partai berhaluan Islam. Banyak survei yang dilakukan oleh lembaga survei yang menyatakan demikian. Namun saya rasa penurunan perolehan suara seperti itu tak hanya dialami oleh partai Islam, namun oleh semua partai. Jadi ini adalah fenomena nasional yang melanda partai di Indonesia," kata Aboe Bakar.

Menurut dia, ada dua kemungkinan yang terjadi terkait hasil survei tersebut tentang penurunan partai Islam, baik dari kepartaian maupun dilihat dari pemimpin yang akan muncul.

Pertama, bisa saja masyakat sudah apatis dengan politik, karena banyaknya kasus korupsi yang ternyata dilakukan oleh oknum politisi.

Kedua, memang saat ini belum masanya kampanye sehingga banyak partai yang belum menggerakkan mesin partainya secara maksimal.

"Sehingga sangat wajar bila orientasi publik belum memikirkan soal pilihan politik pada pemilu mendatang. Namun sudah sewajarnya hal ini menjadi catatan penting buat partai Islam agar melakukan evaluasi dan memperbaiki kinerja. Sehingga daya saingnya akan tetap tinggi hingga nanti menjelang pemilu 2014," kata anggota Komisi III DPR RI itu.

Ia juga mempertanyakan, seberapa besar dari responden yang belum menentukan pilihan, karena itu menunjukkan partisipasi publik dalam pemilu. "Saya yakin jumlah yang belum memberikan suara masih banyak, karena pada saat ini belum terasa suasana pemilu. Sehingga sangat wajar bila hasil survei belum bisa mencerminkan kondisi terakhir yang nanti terjadi pada bulan April 2014," kata Aboe Bakar.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis survei mengenai kondisi terkini serta prediksi masa depan partai dan tokoh Islam di Indonesia. Hasilnya, popularitas partai dan tokoh Islam di kancah perpolitikan nasional kian suram.

"Partai Islam hanya akan jadi komplementer di 2014, jadi pelengkap saja," kata Peneliti LSI, Adjie Alfaraby, dalam acara rilis hasil survei 'Makin Suramnya Partai dan Capres Islam di Pemilu 2014' di kantor LSI di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (14/10).

(Zul)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga