Sabtu, 1 November 2014

PT KAI resmikan peluncuran KA Kalimaya

| 4.858 Views
id PT KAI, ka kalimaya, kalimaya, serang, rangkasbitung, tigaraksa, tanahabang, kereta rute serang
Serang (ANTARA News) - Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito meresmikan peluncuran Kereta Api (KA) Kalimaya yang melayani rute Serang, Rangkasbitung, Tigaraksa, dan Tanahabang.

Peresmian peluncuran KA Kalimaya dipusatkan di Stasiun Serang, Sabtu, dengan disaksikan Direktur Jenderal Sarana Lalu Lintas Kemenhub Anggoro Budi Wirawan, Kepala Dinas Perhubungan Banten Kusni Hasan dan Forum Komunitas Pengguna Jasa Kereta Api.

Kereta ekonomi AC non-subsidi itu melayani rute Serang-Tanahabang pulang pergi dengan jarak 105 kilometer dengan waktu tempuh selama dua jam.

KA Kalimaya berangkat dan datang di Serang dan Tanahabang, berhenti hanya di Rangkasbitung dan Tigaraksa. Harga tiket Rp40 ribu untuk Serang-Tanahabang. Sedangkan, Rangkasbitung-Tanahabang dan Tigaraksa-Tanahabang Rp30 ribu.

KA Kalimaya berangkat sehari selama empat kali pulang pergi. Keberangkatan mulai dari Serang pukul 06.10 WIB dan tiba di Tanahabang pukul 08.22 WIB, kemudian berangkat dari Tanahabang pukul 09.35 WIB dan tiba di Serang pukul 11.45 WIB.

Selanjutnya, kata dia, berangkat dari Serang pukul 13.45 WIB dan tiba di Tanahabang pukul 15.55 WIB, dan berangkat dari Tanahabang pukul 16.25 WIB, tiba di Serang pukul 18.35 WIB.

Susunan rangkaian terdiri dari 1 Lok-1BP-8K3 AC dengan kapasitas tempat duduk 848.

"KA Kalimaya merupakan kereta lokal dengan pembatasan penjual tiket sebesar 100% kapasitas tempat duduk," ujarnya.

Nama KA Kalimaya, ujar dia, terinspirasi oleh `batu kalimaya` yang telah lama terkenal keindahannya dan menjadi ikon Banten.

"Secara pelayanan AC sejuk, lebih bersih, lebih tertib dan lain-lain. Semoga KA Kalimaya berkilau dan sukses menjadi media pelayanan bagi masyarakat Banten. Satu persembahan dari KAI untuk masyarakat Banten," jelasnya.
(KR-MSR)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga