Jumat, 19 Desember 2014

Jaya Santosa presiden baru Aspek Indonesia - (d)

| 1.643 Views
id jaya santosa, presiden aspek indonesia, asosiasi serikat pekerja indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Kongres Nasional V Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia berakhir Minggu malam dengan memilih Jaya Santosa sebagai presiden baru federasi beranggotakan 71 ribu orang pekerja sektor jasa ini menggantikan Muhamad Hakim yang telah selesai masa kepengurusannya.

Ketua Umum Serikat Pekerja PT Pos Indonesia itu disepakati secara aklamasi oleh peserta kongres setelah dua kandidat lain menyatakan tidak bersedia dicalonkan, kata Sekretaris Panitia Pengarah Kongres V Aspek Indonesia Eri Wibowo di Jakarta, Senin.

"Dari tiga nama yang diusulkan, Dwi Rianto Widodo (SP Indosat) selaku pimpinan sidang menanyakan kesediaan mereka namun Anwar Faruq (SP XL Axiata) dan Syamsulluddin (SP Ambulan 118 DKI Jakarta) menyatakan tidak bersedia sehingga hanya tersisa Jaya Santoso dan dia bersedia," kata Eri Wibowo.

Eri Wibowo mengatakan, para peserta kongres yang mewakili berbagai serikat pekerja afiliasi Aspek Indonesia menerima "secara aklamasi" Jaya Santosa yang juga mantan ketua umum Majelis Nasional Aspek Indonesia dan alumnus Lemhanas ini.

Kongres Nasional V Aspek Indonesia yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu di aula gedung PT Pos Indonesia, Pasar Baru, Jakarta, itu diikuti 105 anggota delegasi dan 108 orang pengamat dari unsur pengurus federasi dan 52 serikat pekerja afiliasi.

Terkait dengan kongres itu, Menakertrans A.Muhaimin Iskandar dalam sambutan tertulisnya meminta Aspek Indonesia untuk membantu pemerintah mewujudkan hubungan industrial yang harmonis.

"Kongres ini diharapkan mampu membahas permasalahan ketenagakerjaan dan sekaligus memberikan solusi-solusi terbaik. Dari kongres ini, diharapkan pula timbul pemikiran-pemikiran baru yang nantinya dapat membantu pemerintah merumuskan kebijakan di bidang hubungan industrial khususnya sektor jasa," kata Muhaimin Iskandar.

Dalam kongres dua hari itu, para peserta tidak memilih presiden baru periode 2012-2016 tetapi juga mengikuti sidang-sidang Komisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Garis Besar Haluan Organisasi dan Rekomendasi.

Aspek Indonesia kini beranggotakan 71 ribu anggota dari 63 serikat pekerja tingkat perusahaan sektor jasa di Tanah Air. Di antara serikat pekerja yang berafiliasi itu adalah United Tractors, Perum LKBN ANTARA, Bank Danamon, Indofood, Indosat IM2, Indosat, Perumnas, Ramayana, dan Lintas Arta.
(T.R013/ A011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca