Kamis, 30 Oktober 2014

Rupiah kembali tertekan ke posisi Rp9.355

| 12.009 Views
id nilai tukar rupiah, rupiah tertekan, nilai mata uang, rupiah melemah
Rupiah kembali tertekan ke posisi Rp9.355
Nilai Tukar Rupiah. (Istimewa)
Rupiah kembali terperosok seiring masih berlanjutnya gejolak politik di Yunani...
Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah kembali tertekan cukup dalam terhadap dolar AS pada Rabu sore menjadi Rp9.355, masih dipicu sentimen negatif dari Yunani.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta melemah 77 poin menjadi Rp9.355 dibanding posisi sebelumnya di posisi Rp9.278 per dolar AS.

"Rupiah kembali terperosok seiring masih berlanjutnya gejolak politik di Yunani yang beresiko memaksa negara itu keluar dari zona-euro dan mengancam kelangsungan proses penanggulangan krisis utang yang sedang berjalan," kata analis Monex Investindo Futures Johanes Ginting di Jakarta.

Ia mengatakan, dari global, mata uang euro terpuruk hingga ke posisi terendah dalam empat bulan terakhir terhadap dolar AS setelah juru bicara Presiden Yunani mengatakan kegagalan membentuk koalisi pemerintahan sehingga membuka peluang dilakukannya pemilu ulang.

"Pasar khawatir dengan drama Eropa. Berita Yunani telah menenggelamkan Euro. Tidak tercapainya kompromi di antara politisi telah mengharuskan mereka untuk mengadakan pemilu ulang," kata dia.

Ia mengatakan, pemimpin Eropa nampaknya akan segera mendesak politisi Yunani untuk membentuk pemerintahan yang dapat bekerjasama dalam menjalankan skema "bailout" yang telah ditetapkan sebelumnya.

Ia menambahkan, tekanan negatif juga datang dari data ekonomi yang menunjukkan makin dalamnya jurang resesi Italia dengan produk domestik bruto (GDP) yang berkontraksi sebesar 0,8 persen.

Selain itu, lanjut dia, data ekonomi Eropa yang dirilis awal pekan lalu juga turut memicu sentimen negatif sehingga investor masih enggan masuk ke aset berisiko.

"Kondisi itu beresiko menambah menggoyahkan stabilitas pasar finansial global," katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia hari ini tercatat mata uang rupiah bergerak melemah menjadi Rp9.280 dibanding posisi sebelumnya Rp9.265 per dolar AS.
(KR-ZMF) 

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga