Jumat, 31 Oktober 2014

Pengelolaan keuangan negara harus ditertibkan

| 4.459 Views
id menkeu agus martowardojo, pembengkakan anggaran perjalanan dinas, perjalanan dinas
Pengelolaan keuangan negara harus ditertibkan
Agus Martowardojo (FOTO ANTARA)
...kita jangan hanya melihat perjalanan dinas, tapi masih ada lagi di pos-pos lain yang lebih membahayakan. Begitu banyak ketidaktaatan atau ketidaktertiban yang mesti dirapikan
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan pengelolaan keuangan negara di seluruh lingkungan kementerian dan lembaga harus ditertibkan agar kasus pembengkakan anggaran perjalanan dinas tidak terulang kembali.

"Kalau seandainya ada penipuan itu harus ditindak tegas. Saya memahami bahwa itu terjadi di kementerian dan lembaga secara luas," katanya di Jakarta, Senin.

Menurut Menkeu, masih banyak pelanggaran yang dilakukan pegawai negeri, tidak hanya terkait pembengkakan anggaran perjalanan dinas tetapi juga penggunaan anggaran di pos-pos lain.

Untuk itu, ia mengharapkan peran Inspektorat Jenderal di masing-masing kementerian dan lembaga meningkatkan kewaspadaan agar penyelewengan anggaran perjalanan dinas dapat diminimalkan

"Saya setuju sekali bahwa Inspektorat Jenderal harus berperan. Jadi semakin relevan bahwa peran daripada Inspektorat Jenderal harus tinggi, tapi itu semua kembali kepada penanggung jawab daripada setiap organisasi," ujar Menkeu.

Saat ini, ujar Menkeu, telah dilakukan pembenahan dan pemeriksaan dalam lingkungan internal Kementerian Keuangan agar pegawai negeri tidak melakukan pelanggaran dalam merinci biaya perjalanan dinasnya.

"Ada pembahasan terkait ketidaktertiban perjalanan dinas atau biaya rapat. Itu dari Inspektorat Jenderal di Kemkeu sudah melakukan pemeriksaan dengan cukup tajam dan hasilnya tidak saja dilaporkan di lingkungan Kemkeu, tapi juga disampaikan kepada publik," ujarnya.

Namun, menurut dia, tidak semua kasus pembengkakan anggaran perjalanan dinas tersebut disebabkan karena adanya kesengajaan tapi juga faktor administrasi yang belum terselesaikan dalam waktu cepat.
(S034/R010)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga