Senin, 22 September 2014

KPPU: mungkin ada kolusi antara pengusaha dan politisi

Rabu, 6 Juni 2012 16:21 WIB | 2.931 Views
KPPU: mungkin ada kolusi antara pengusaha dan politisi
Ketua KPPU Tadjudin Noer Said (tengah) saat memberikan sambutan didepan masiswa Pasca Sarjana Magister Hukum Universitas Bandar Lampung yang berkunjung ke KPPU, Senin (19/3). (kppu.go.id)
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha Tadjudin Noer Said bahwa ada kemungkinan kolusi antara para pengusaha dan politisi namun sulit untuk dibuktikan. Hal ini disampaikan dia saat ditemui ANTARA News di kantor KPPU, Jakarta, Rabu

"Kemungkinan terjadi praktik kolusi seperti itu bisa ada, namun bisa juga tidak. Mengingat bagaimana dulu Indonesia tidak terbiasa melakukan kegiatan usaha yang sehat," ujar Tadjuddin yang melanjutkan bahwa kolusi tersebut akhirnya mampu menghasilkan monopoli usaha.

Dia mengatakan pada masa pemerintahan terdahulu sudah menjadi rahasia umum bahwa kegiatan usaha hanya berada dalam perputaran lingkup para pemegang kekuasaan politik.

"Sehingga KPPU tidak bisa melihat apakah kegiatan-kegiatan usaha tersebut secara langsung dapat menyejahterakan rakyat," ungkap Tadjuddin.

Karena pada hakekatnya, menurut Tadjuddin, kegiatan usaha seharusnya mampu menyejahterakan masyarakat, bukan semakin menyusahkan masyarakat, terutama para pengusaha hilir yang bergantung pada usahanya.

"Para pengusaha kuat yang memonopoli dengan mudah dapat mengatur harga, inilah yang meresahkan," ujar Tadjuddin.

Dia melanjutkan, bahwa praktik kolusi dan monopoli tersebut jelas melanggar undang-undang, dimana undang-undang itu sendiri adalah hak inisiatif DPR.
(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga