Kamis, 23 Oktober 2014

Pemkab Pandeglang kurangi lahan kritis

| 1.607 Views
id reboisasi, penghijauan kembali, pemkab pandeglang, banten
Setiap tahun kita melakukan penanaman pohon pada lahan kritis, termasuk di areal perkebunan milik masyarakat,"
Pandeglang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, terus berupaya mengurangi lahan kritis di daerah itu melalui kegiatan penanaman dengan dukungan dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut).

"Setiap tahun kita melakukan penanaman pohon pada lahan kritis, termasuk di areal perkebunan milik masyarakat," kata Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Pandeglang Apang Syafruddin di Pandeglang, Rabu.

Kegiatan penanaman tersebut, kata dia, sebagai upaya untuk mengurangi lahan kritis di daerah itu, yang setiap tahun luasnya mengalami penurunan.

Luas lahan kritis yang ada di daerah itu mencapai 51 ribu hektare (ha), dan di antaranya merupakan kawasan daerah aliran sungai (DAS).

Menurut dia, lahan kritis tersebut di antaranya telah beralihfungsi menjadi kebun rakyat serta telah diusahakan oleh pemilik/pemegang hak guna usaha (HGU) yang tidak dikelola dengan baik.

Ia juga menjelaskan, pada 2011 Realisasi penanaman pohon di Kabupaten Pandeglang, mencapai 1,650 juta batang yang tersebar di 33 kecamatan di daerah itu, yang sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat.

"Kita dari Dinas Kehutanan hanya sebagai fasilitator saja, pelaksanaan penanaman sepenuhnya dilakukan masyarakat, yang tergabung dalam kelompok tani," katanya.

Bibit pohon yang ditanam, kata dia, juga merupakan hasil pembibitan yang dilakukan kelompok pembibit setempat, dengan bantuan pembiayaan dari Kementerian Kehutanan

Bupati Erwan Kurtubi pada setiap kesempatan, selalu mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan tanam pohon pada setiap lahan kosong, termasuk di sekitar tempat tinggal.

"Dengan menanam pohon masyarakat akan memperoleh manfaat, baik dari buah ataupun batang pohon, disamping mengurangi lahan kritis," katanya.
(S031/R010)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga