Kamis, 18 Desember 2014

China turunkan suku bunga karena pertumbuhan

| 4.102 Views
id penurunan suku bunga china, pertmbuhan ekonomi china, suku bungan bank china
Shanghai (ANTARA News) - China mengatakan pihaknya akan menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun, di tengah meningkatnya kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan di ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Bank sentral China, People`s Bank of China, mulai Jumat akan memangkas suku bunga acuan pinjaman satu tahun sebesar 0,25 persentase poin, sedangkan suku bunga deposito satu tahun akan turun dengan jumlah yang sama, menurut sebuah pernyataan.

Ini menandai penurunan tingkat suku bunga pertama sejak Desember 2008.

Langkah ini telah banyak diperkirakan menyusul data ekonomi suram pada April dan aktivitas manufaktur yang plebih lemah pada Mei.

Itu terjadi setelah pada bulan lalu otoritas moneter China memangkas jumlah uang bank yang harus dipertahankan sebagai cadangan --yang ketiga sejak Desember tahun lalu-- yang juga ditujukan untuk memompa lebih banyak dana ke dalam ekonomi yang melambat.

Perekonomian China tumbuh 8,1 persen secara tahunan pada kuartal pertama 2012 -- kecepatan yang paling lambat dalam hampir tiga tahun.

Pemerintah telah menurunkan target pertumbuhan ekonominya untuk tahun ini hanya 7,5 persen, turun dari pertumbuhan yang sebenarnya 9,2 persen pada tahun lalu dan 10,4 persen pada 2010.

Menyusul penurunan suku bunga, tingkat suku bunga pinjaman yuan satu tahun akan berdiri pada 6,31 persen dan suku bunga deposito yuan satu tahun akan menjadi 3,25 persen, kata Xinhua.

China sebelumnya telah menaikkan suku bunga lima kali sejak Oktober 2010, dalam upaya untuk mengendalikan inflasi yang melonjak karena kekhawatiran kerusuhan sosial, demikian AFP.
(A026)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca