Senin, 22 September 2014

China kirim astronot perempuan pertama

Senin, 18 Juni 2012 15:48 WIB | 5.090 Views
China kirim astronot perempuan pertama
Astronot wanita Cina pertama Liu Yang, melambaikan tangan saat upacara keberangkatan di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, provinsi Gansu, Sabtu (16/6).(REUTERS/Jason Lee)
Jakarta (ANTARA News) - Untuk pertama kalinya, China mengirimkan astronot perempuan menuju orbit. Perempuan astronot itu adalah satu dari tiga astronot yang bertugas untuk menjalankan program luar angkasa China, tulis Reuters.

Pilot perempuan bernama Liu Yang yang berusia 33 tahun ini merupakan salah satu astronot yang di kirim menuju orbit pada Minggu pagi waktu setempat di Jiuquan Satellite Launch Centre sebelah barat laut gurun Gobi.

Selain Liu Yang dan dua astronot lainnya, roket itu juga membawa sembilan pesawat luar angkasa Shenzhou.

Ini merupakan misi luar angkasa keempat Cina sejak tahun 2003, saat China mengirim astronot China pertama menuju orbit yaitu, Yang Liwei.

Peluncuran roket ini disiarkan secara langsung di saluran televisi nasional China. Sebelum roket ini meluncur, kamera televisi masih sempat mengambil gambar ketiga astronot itu melambaikan tangan di kabin.

Sebuah plakat dengan kaligrafi China terpasang di belakang para astronot, sebagai simbol keberuntungan.

Dalam beberapa hari ke depan, para astronot ditugaskan untuk mencoba menggandeng satelit mereka pada orbit Tiangong (Orbit kerajaan surga) 1, yang sebelumnya telah diluncurkan pada September lalu sebagai bagian dari ambisi China untuk membuat stasiun luar angkasa di orbit pada 2020.

"Pengiriman awak pada proyek luar angkasa ini, sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan tujuan militer China," ujar Komandan Umum Proyek Pesawat Luar Angkasa Berawak China, He Yu.

He Yu menambahkan proyek ini bertujuan untuk riset tentang bagaimana manusia dapat menuju ke luar angkasa, dan hasilnya akan digunakan dengan tujuan perdamaian, katanya sebelum roket itu diluncurkan.
(M048)

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga