Sabtu, 1 November 2014

Chris John akan pertahankan gelar ke-17

| 8.377 Views
id Chris John, kelas bulu WBA, Sasana Herry's Gym
Chris John akan pertahankan gelar ke-17
Petinju Indonesia Chris John (kiri), melesakkan pukulan ke arah petinju Jepang Shoji Kimora, dalam pertarungan tinju perebutan gelar Kelas Bulu WBA di Marina Bay Sands, Singapura, Sabtu (5/5) malam. Chris John berhasil mempertahankan gelar untuk ke-16 kali setelah menang angka atas petinju Jepang Shoji Kimora, dengan perolehan nilai 117-110, 118-109, 118-109. (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)
Pelatih sekaligus manajernya Craig Christian meminta saya tetap menjalani latihan yang sifatnya ringan untuk menjaga kondisi fisik saya termasuk menjaga berat badan saya."

Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John diminta untuk tetap menjaga kondisi fisiknya mengingat sampai kini belum ada kejelasan soal pertarungan mempertahankan gelar ke-17.

"Pelatih sekaligus manajernya Craig Christian meminta saya tetap menjalani latihan yang sifatnya ringan untuk menjaga kondisi fisik saya termasuk menjaga berat badan saya," kata Chris John ketika dihubungi di Semarang, Selasa.

Sambil menunggu proses menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, menurut dia, hampir setiap hari dirinya menjalani latihan terutama untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

"Setiap pagi --jika tidak ada kegiatan-- saya selalu joging di lapangan Tri Lomba Juang Mugas Semarang sedangkan kalau untuk teknik saya sedikit-sedikit latihan `shadow box` di rumah," katanya.

Ia mengakui, memang belum ada permintaan dari Craig Christian untuk masuk latihan di Australia. "Biasanya kalau pertandingan sudah jelas, saya harus menjalani latihan di Perth untuk beberapa waktu," katanya.

Ketika ditanya apakah dengan statusnya sekarang yaitu pemegang gelar Super Champion ini masih ada tarung wajib atau "mandatory fight" lagi, petinju dengan rekor bertarung 47 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri, mengatakan kalau soal ini dirinya tidak tahu persis.

"Kalau soal ini saya belum tahu kejelasan masalah itu," kata petinju yang terakhir kali mempertahankan gelar saat menang dengan angka mutlak atas petinju Jepang Shoji Kimora di Singapura, awal Mei 2012.

Selama memegang gelar juara dunia kelas bulu sejak 2003 tersebut, petinju dengan julukan The Dragon ini sudah lima kali menjalani tarung wajib atau "mandatory fight".

Pertama saat melawan petinju Amerika Serikat Derrick Gainer di Kelapa Gading Jakarta, 22 April 2005, kemudian melawan petinju Meksiko Juan Manuel Marquez di Tenggarong Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, 4 Maret 2006.

Kemudian melawan petinju Venezuela Cheo Jose Rojas di Bung Karno Stadium Jakarta 3 Maret 2007, kemudian melawan petinju Panama Roinet Caballero di Bung Karno Stadium Jakarta 26 Januari 2008.

Kelima melawan petinju tuan rumah Hiroyuki Enoki di Korakuen Hall Tokyo, Jepang, 24 Oktober 2008, bahkan setelah itu Chris John mendapat gelar Super Champion karena berhasil mempertahankan gelar sebanyak 10 kali tanpa putus.

(H015/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca