Sabtu, 1 November 2014

Pemkab Sidoarjo imbau pelajar liburan wisata lokal

| 2.976 Views
id wisata lokal, pemberdayaan pariwisata, pemkab sidoarjo, jatim
Salah satunya objek wisata pemancingan Delta Fishing yang ada di Desa Prasung, Kecamatan Buduran yang menyajikan objek wisata pemancingan dan juga ketangkasan seperti arena `out bond` yang sangat cocok dikunjungi saat musim liburan seperti sekarang i
Sidoarjo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jatim, mengimbau kepada para pelajar untuk menghabiskan waktu liburan di objek wisata lokal, karena banyaknya objek wisata lokal yang layak untuk dikunjungi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sidoarjo, Pramu Sigit, Selasa mengatakan, saat ini banyak objek wisata di Sidoarjo yang layak dikunjungi selama musim liburan sekolah seperti sekarang ini.

"Salah satunya objek wisata pemancingan Delta Fishing yang ada di Desa Prasung, Kecamatan Buduran yang menyajikan objek wisata pemancingan dan juga ketangkasan seperti arena `out bond` yang sangat cocok dikunjungi saat musim liburan seperti sekarang ini," ucapnya.

Ia mengemukakan, selain objek wisata di Delta Fishing pihaknya juga mengimbau siswa untuk mengunjungi objek wisata lainnya seperti museum Mpu Tantular yang ada di bawah Jalan Layang Jenggolo milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Sebenarnya kami sangat diuntungkan dengan adanya museum tersebut karena para siswa bisa berkunjung sambil meningkatkan daya pengetahuannya selama mengisi liburan seperti yang terjadi sekarang ini," ujarnya.

Selain dua objek wisata tersebut, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga memiliki lokasi lain yang layak dikunjungi seperti makam Dewi Sekardadu yang berada di Desa Kepetingan, Kecamatan Kota Sidoarjo.

"Namun, untuk mencapai objek wisata tersebut para pengunjung lebih dahulu harus menyewa perahu para nelayan setempat mengingat lokasinya lebih mudah dijangkau dengan menggunakan perahu daripada menggunakan sarana lainnya seperti kendaraan darat," katanya.

Ia juga tidak menampik kalau akses jalan yang di tempat wisata pemancingan Delta Fishing masih belum dilewati oleh angkutan umum, mengingat lokasinya yang tidak tembus jalan akses lainnya.

"Namun, kami sudah melakukan koordinasi dengan lintas instansi seperti perhubungan dan cipta karya untuk mengatasi masalah lalu lintas dan juga perbaikan jalan di sepanjang akses menuju ke lokasi wisata," tuturnya.

Upaya lain yang dilakukan, kata dia, yakni berkirim surat kepada sekolah-sekolah supaya memberikan imbauan kepada para siswanya untuk tidak berwisata ke luar wilayah Sidoarjo, mengingat di Sidoarjo banyak objek wisata yang layak untuk dikunjungi.

(KR-MSW/C004)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga