Jumat, 1 Agustus 2014

Bontang tuan rumah Pirnas XI

Sabtu, 23 Juni 2012 20:24 WIB | 3.818 Views
Bontang (ANTARA News) - Kota Bontang, Kalimantan Timur, menjadi tuan rumah Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRNAS) XI 2012 yang akan dibuka secara resmi pada Senin (25/6).

"PIRNAS XI ini rencananya akan diikuti sekitar 600 peserta, terdiri dari para siswa sekolah menengah se-Indonesia yang berasal dari 32 provinsi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bontang, Dasuki, di Bontang, Sabtu.

Menurut dia, Wakil Ketua LIPI Prof DR Endang Sukara, Karo Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek LIPI Dr Ir Bogie Soedjatmiko Eko Thahjono MSc serta Wakil Gubernur Kaltim Drs H Farid Wadjdy akan hadir saat pembukaan yang akan berlangsung di GOR Pupuk Kaltim.

PIRNAS, kata Dasuki, dilatarbelakangi keinginan untuk melahirkan peneliti-peneliti muda Indonesia.

"Hasil penelitian dari ajang PIRNAS ini nantinya akan diterbitkan dalam jurnal Lembaga Penelitian Indonesia," ujar Dasuki.

Dalam ajang PIRNAS ini akan dilakukan penelitan di tiga bidang yakni IPA, IPS, dan Teknologi Tepat Guna.

Dasuki menyebutkan lokasi PIRNAS di SMAN 3 Bontang, dengan kegiatan lapangan di Bontang Kuala, Sangkima Taman Nasional Kutai, Berbas, dan Hutan Wanatirta Pupuk Kaltim.

"Bontang sendiri mengirimkan 60 peserta, sementara kabupaten/kota lain dipersilakan mengirimkan peserta yang jumlahnya tidak dibatasi tetapi dibatasi total 600 peserta," ujar Dasuki.

Dia mengatakan para peserta pada Minggu (24/6) pagi dalam perjalanan menuju Bontang dan diperkirakan sore hari sudah tiba di Bontang.

Para peserta terbaik dalam ajang perkemahan ilmiah remaja nasional se-Indonesia itu akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, piala dan sertifikat penghargaan.

(KR-RMT)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca