Jumat, 19 September 2014

Swiss-Polandia sepakati perjanjian swap mata uang

Selasa, 26 Juni 2012 00:12 WIB | 2.564 Views
Jenewa (ANTARA News) - Bank sentral Swiss pada Senin menyepakati sebuah perjanjian dengan mitra Polandia untuk menutup setiap kekurangan uang tunai di Polandia karena peminjam menghadapi pembayaran kembali pinjaman dalam franc Swiss yang mahal.

"Swiss National Bank (SNB) dan National Bank of Poland (NBP) telah membuat perjanjian swap franc Swiss/Zloty," kata SNB dalam sebuah pernyataan Senin, lapor AFP.

"Dalam hal terjadi ketegangan di pasar antar bank franc Swiss, fasilitas memungkinkan NBP untuk menyediakan likuiditas franc Swiss kepada bank-bank di Polandia.

"Kedua bank sentral tidak mengantisipasi bahwa perjanjian ini, yang memiliki telah disimpulkan sebagai tindakan pencegahan, perlu diminta."

Menurut ketentuan perjanjian "swap", SNB harus menyetujui setiap permintaan dana oleh NBP untuk durasi maksimal satu minggu.

Juru bicara SNB mengatakan bahwa rumah tangga Polandia memiliki volume pinjaman dalam mata uang franc "relatif tinggi" yang dapat memerlukan pembiayaan kembali.

Perjanjian tersebut adalah yang kedua dari jenisnya antara kedua negara sejak 2008 dan mirip dengan yang dibuat antara Hungaria dan SNB pada 2008, juru bicara mengatakan.

"Ini (perjanjian swap) karena ada volume pinjaman yang relatif tinggi beredar di Polandia. Mungkin ada kebutuhan yang tinggi untuk pembiayaan kembali pinjaman ini di sana," kata Silvia Oppliger, juru bicara SNB.

"Tetapi ini adalah tindakan pencegahan dan kami tidak berpikir itu akan harus diaktifkan. Jika diperlukan, itu sudah pada tempatnya."

Sejak September tahun lalu franc Swiss telah ditutup pada 1,20 terhadap euro oleh SNB, tetapi franc pada 1,30 terhadap euro pada awal tahun lalu dan secara signifikan lebih menarik pada 2007 ketika investor percaya pada mendapatkan 1,64 franc terhadap euro. (A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca